spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Komedian Bill Cosby Lakukan Pelecehan Seksual kepada Gadis 16 Tahun

    AMERIKA SERIKAT,FOKUSUJabar.id: Komedian Ternama Bill Cosby diputuskan bersalah oleh juri yang bertugas di pengadilan di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Selasa (21/6/2022), atas tindakan pelecehan seksual terhadap Judy Huth di Playboy Mansion pada 1975.

    Kala itu, Judy Huth masih berusia 16 tahun sedangkan Cosby berusia 37 tahun.

    Gugatan Huth ini diajukan pada 2014, setelah melihat banyaknya perempuan lain yang menuduh Cosby melakukan tindakan serupa.

    Karena diputuskan bersalah, juri memerintahkan komedian ternama itu untuk membayar denda sebesar 500 ribu dolar AS (Rp7,4 miliar).

    Cosby tidak akan dipenjara karena ini merupakan kasus perdata bukan pidana.

    Associated Presss memberitakan, Cosby bertemu Huth pada April 1975 di sebuah lokasi syuting di California.

    BACA JUGA: Heboh! Kim Woo Seok Dituduh Lakukan Animal Abuse Pada Peliharaannya

    Huth saat itu bersama temannya Donna Samuelson, yang merupakan saksi kunci dan orang yang memotret Huth and Cosby di Playboy Mansion. Foto telah dijadikan bukti pertemuan mereka.

    Beberapa hari setelah pertemuan itu, Cosby kemudian mengajak Huth dan Samuelson ke Playboy Mansion.

    Huth menjelaskan bahwa di rumah mewah itu, Cosby melakukan pelecehan kepadanya. Komedian itu mencoba memasukkan tangannya ke bawah celananya dan memaksanya melakukan tindakan seksual.

    Tuduhan Huth telah disetujui juri, yang menganggap bahwa Cosby sengaja menyebabkan kontak seksual dengan Huth. Perilaku itu didorong oleh minat seksual yang tidak wajar atau abnormal terhadap anak di bawah umur.

    Reuters memberitakan, Bill Cosby membantah tuduhan tersebut melalui video. Dia mengaku tidak ingat pernah bertemu dengan Huth.

    Aktor itu menegaskan bahwa dia tidak mungkin melakukan kontak seksual dengan seseorang yang berusia di bawah 18 tahun.

    Melansir IDN, Pengacara Cosby, Jennifer Bonjean, dalam pembelaanya mencoba menyakinkan juri atas keraguan mengenai tuduhan tersebut.

    Pengacara itu menyampaikan, ketika gugatan diajukan pada Desember 2014, Huth memberitahu insiden itu terjadi pada 1974, ketika dia berusia 15 tahun.

    Tapi baru-baru ini mengatakan telah keliru mengenai waktu kejadian dan menyampaikan kejadian terjadi pada 1975, saat berusia 16 tahun.

    Bonjean juga menyampaikan pembelaan lainnya atas perbedaan dalam kesaksian. Dia mengatakan saat kejadian itu Samuelson bersaksi bahwa dia memainkan Donkey Kong, sebuah permainan yang baru dirilis enam tahun setelah waktu kejadian yang dituduhkan.

    Pengacara Huth, Nathan Goldberg melakukan pembelaan dengan menyampaikan kesalahan seperti itu tidak mungkin dihindari karena kejadian itu telah berlangsung 45 tahun. Goldberg juga menegaskan bahwa dalam kesaksiannya Samuelson mengatakan permainan seperti Donkey Kong.

    Melansir BBC, Cosby merupakan aktor komedi yang mendapat julukan “Ayah Amerika” berkat perannya sebagai Cliff Huxtable, seorang ayah yang menyenangkan di acara televisi bernama The Cosby Show.

    Sayangnya, reputasi komedian itu hancur setelah lebih dari 50 perempuan menuduhnya telah melakukan pelecehan seksual sejak pertengahan 1960-an. Tuduhan itu selalu dibantah Cosby.

    Pada tahun lalu, Cosby bebas dari penjara setelah dihukum pada 2018 atas tuduhan membius dan melakukan pelecehan terhadap seorang perempuan di rumahnya pada 2004.

    Namun, vonis itu telah dibatalkan oleh Mahkamah Agung Pennsylvania pada tahun lalu.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img