spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Tim Softball Kota Bandung Kawinkan Gelar Piala Gubernur Jabar 2022

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim softball Kota Bandung berhasil mengawinkan gelar juara pada kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 sekaligus menggondol trophy bergilir usai mengalahkan lawannya pada babak grand final yang digelar di lapangan softball Lodaya, Kota Bandung, Minggu (19/6/2022). Tim softball putri dan putra Kota Bandung pun masing-masing berhak atas hadiah uang tunai Rp10 juta.

    Di babak grand final kelompok putri, mempertemukan Kota Bandung versus Kabupaten Karawang yang mampu memperlihatkan pertahanan yang baik di inning pertama sehingga tidak ada angka yang dihasilkan. Poin pertama di partai puncak, diraih pemukul keenam Kota Bandung, Ardhissa Nayla setelah didorong single hit dari Desitasari Riswayana. Kota Bandung pun menambah angka kedua setelah Desitasari mampu mencapai home base, sedangkan tim putri Kabupaten Karawang gagal mencetak angka.

    Pada dua inning berikutnya, Kota Bandung kembali menambah dua angka melalui Letia Nurviola di inning 3A dan Ardhissa Nayla di inning 4A. Sementara Karawang kembali gagal ‘menggoyang’ papan skor dan belum mampu mencetak angka sehingga tertinggal 0-4 hingga inning 4 usai.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Softball
    Tim softball putri Kota Bandung menerima trophy bergilir Piala Gubernur Jabar 2022. (FOTO: Ageng)

    Pada inning kelima, Kota Bandung mampu menggebrak melalui single hit Raffanisa Kamilia Z dan sampai ke home base sekaligus menambah angka usai didorong single hit dari Siti Sarah Sabrina. Namun, satu angka yang dicetak Raffanisa menjadi satu-satunya angka bagi Kota Bandung di inning kelima setelah tim Karawang mampu menghentikan para batter dan runner Kota Kembang.

    Sementara tim Kabupaten Karawang berhasil mencetak angka pertama mereka melalui Diana Hanifah. Memanfaatkan kesalahan yang dilakukan mojang Kota Bandung untuk bergerak dari base satu ke base dua, Diana pun berhasil mencapai home base setelah didorong single hit Maheswari Sahasika.

    Satu angka tambahan dicetak Karawang setelah Maharani Wisesa menyentuh home base memanfaatkan kesalahan yang kembali dilakukan anak-anak Kota Bandung. Hingga inning kelima, skor pun berubah menjadi 5-2 untuk keunggulan Kota Bandung.

    Pada dua inning berikutnya, Kota Bandung mampu memperlihatkan dominasi dengan menambah lima angka. Sedangkan Kabupaten Karawang hanya mampu menempatkan dua runner ke home base untuk menambah dua angka.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Softball
    Tim softball putri Kota Bandung meraih gelar juara Piala Gubernur Jabar 2022. (FOTO: Ageng)

    Lima angka bagi Kota Bandung, dicetak Ardhissa Nayla dan Adinda Dwina di inning enam serta Letia Nurviola, Ardhissa Nayla, dan Dang Nesha Maharani di inning tujuh. Sedangkan Karawang meraih angka melalui Whenda Dellina di inning enam dan Belva Alzena di inning tujuh. Dengan tambahan angka tersebut, Kota Bandung pun memastikan diri sebagai juara di kelompok putri kejuaraan softball Piala Gubernur Jabar 2022 usai mengalahkan Karawang dengan skor akhir 10-4.

    BACA JUGA: Piala Gubernur Jabar 2022 Harus Jadi Titik Awal Kebangkitan Softball Jabar

    Di kelompok putra, Kota Bandung memperlihatkan dominasinya pada babak grand final saat bertemu tim Kota Cirebon. Setelah mampu menahan serangan tim Kota Udang, anak-anak Kota Bandung langsung menggila dengan mencetak lima angka melalui Noufal Asya dan Jaya Gustiar yang didorong double hit dari M. Faza Naufan, lalu M. Faza Naufan yang menyentuh home base berkat RBI dari M. Zaqy Andryan, lalu Zaqy mencetak angka keempat berkat pukulan Arya Hilmi, dan skor kelima di inning kelima dicetak Arya Hilmi usai memanfaatkan passed ball.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Softball
    Atlet softball Kota Bandung berusaha mencapai home base mendahului atlet Kota Cirebon pada babak grand final kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 di lapangan softball Lodaya Kota Bandung, Minggu (19/6/2022). (FOTO: Ageng)

    Pada inning kedua, performa konsisten ditampilkan anak-anak Kota Bandung. Usai menggagalkan Kota Cirebon meraih angka, pemain Kota Bandung kembali menambah dua angka melalui Noufal Fasya dan Jaya Gustiar. Sehingga, Kota Bandung pun unggul jauh 7-0 atas Kota Cirebon hingga inning kedua usai.

    Kota Cirebon berusaha mengejar ketertinggalan angka mereka di inning ketiga. Namun satu angka yang dicetak Kota Cirebon melalui Dendy Anggara berkat single hit Areza Maulana belum cukup. Pasalnya, Kota Bandung justru menambah tiga angka di inning ketiga ini melalui Arya Hilmi, Azka Zaidani, dan Maliqul Zaidan A.

    Pada inning berikutnya, Kota Cirebon justru kembali gagal melakukan serangan baik dan mencetak angka. Sebaliknya, Kota Bandung menambah satu angka melalui Riandika Adil P yang melaju ke home base berkat sacrifice flied yang dilakukan Arya Hilmi. Dengan tambahan satu angka tersebut, Kota Bandung pun memastikan kemenangan atas Kota Cirebon dengan skor 11-1 sekaligus menjadi juara di kelompok putra kejuaraan softball Piala Gubernur Jabar 2022.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Softball
    Atlet softball Kota Cirebon gagal memukul bola hasil lemparan pitcher Kota Bandung pada babak grand final kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 di lapangan softball Lodaya Kota Bandung, Minggu (19/6/2022). (FOTO: Ageng)

    “Hasil ini sesuai dengan target yang kita inginkan di kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022. Ini menjadi kali kedua, kita berhasil mengawinkan gelar juara putra dan putri setelah sebelumnya di ajang babak kualifikasi Porprov XIV Jabar,” kata Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Baseball Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kota Bandung, Indra Setiawan saat ditemui di lapangan softball Lodaya, Kota Bandung, Minggu (19/6/2022.

    Indra mengatakan, tim yang diturunkan pada kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 merupakan tim bayangan Kota Bandung yang dipersiapkan untuk Porprov XIV Jabar pada November 2022 mendatang. Namun pada kejuaraan Piala Gubernur Jabar kali ini, belum semua atlet Kota Bandung yang dipersiapkan untuk Porprov XIV Jabar turun bertandingan.

    “Di Piala Gubernur Jabar ini yang bermain dibawah usia 20 tahun sedangkan di Porprov XIV Jabar itu U21, jadi masih ada sekitar 5 atlet yang belum turun di kejuaraan ini. Terlepas dari itu, kita bisa melihat kekuatan calon lawan di Porprov XIV Jabar pada kejuaraan ini,” Indra menuturkan.

    Hingga saat ini, lanjut Indra, pihaknya masih menerapkan sistem promosi degradasi untuk pembentukan tim inti softbal Kota Bandung untuk Porprov XIV Jabar. Pihaknya berencana akan melakukan seleksi tahap akhir untuk memastikan komposisi tim inti softbal Kota Bandung untuk Porprov XIV Jabar.

    “Kita pun akan panggil atlet-atlet terbaik Kota Bandung, termasuk beberapa atlet di kejuaraan ini yang tampil membela daerah lain. Kita ingin cetak hattrick kawinkan gelar juara dengan meraih medali emas putra dan putri di Porprov XIV Jabar nanti,” Indra menegaskan.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Softball
    Tim softball putra Kota Bandung menerima trophy bergilir Piala Gubernur Jabar 2022. (FOTO: Ageng)

    Selain gelar juara putra dan putri, Kota Bandung pun memborong gelar individu pada kejuaraan softball Piala Gubernur Jabar 2022. Mulai dari best hitter, best slugger, most RBI, best pitcher, hingga most valuable player baik di kelompok putra maupun putri.

    Sementara kejuaraan softball Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga softball ditutup secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja. Hadir pada upacara penutupan, Kepala Dispora Jabar Asep Sukmana, Ketua Umum Perbasasi Jabar Achmad Nugraha Juanda, Ketua II KONI Jabar Yunyun Yudiana, serta para sesepuh softball Jabar.

    Dalam sambutannya, Sekda Jabar berharap para atlet bisa mengambil pengalaman dari pelaksanaan kejuaraan. Termasuk bagi atlet yang berhasil meraih gelar juara maupun yang belum meraih gelar juara.

    “Terus berlatih karena tidak menutup kemungkinan kalau atlet-atlet ini akan menjadi tulang punggung Jabar di PON XXI pada tahun 2024 di Sumut dan Aceh. Kejuaraan ini pun menjadi pekerjaan rumah bagi Perbasasi Jabar bagaimana agar pembinaan olahraga softball dan baseball ini tidak hanya terpusat di Kota Bandung, tapi merata di seluruh kota dan kabupaten di Jabar,” kata Setiawan.

    BACA JUGA: Garut dan Ciamis Targetkan Masuk 5 Besar MTQ 37 Tingkat Jabar

    Berikut Daftar Peraih Individual Award Kejuaraan Softball Piala Gubernur Jabar 2022

    The Best Hitter Putri : Letia Nur Viola (Kota Bandung)
    The Best Hitter Putra : M. Faza Naufan Alghazali (Kota Bandung)
    The BEst Slugger Putri : Letia Nur Viole (Kota Bandung)
    The Best Slugger Putra : M. Faza Naufan Alghazali (kota Bandung)
    The Most RBI Putri : Letia Nur Viola (Kota Bandung)
    The Most RBI Putra : M. Faza Naufan Alghazali (kota Bandung)
    The Best Pitcher Putri : Kinanti Fitria (Kota Bandung)
    The Best Pitcher Putra : M. Attar Rafiar (Kota Bandung)
    Most Valuable Player Putri : Raffanisa Kamilia Z (Kota Bandung)
    Most Valuable Player Putra : Noufal Asya (Kota Bandung)

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img