spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Permohonan Kartu Kuning di Kabupaten Ciamis Meningkat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pasca hari raya Idul Fitri 1443 permohonan pembuatan Kartu Kuning (AK1) di Kabupaten Ciamis meningkat drastis. Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis Dase Fadlil Yusdi Mubarak, Selasa (10/5/2022).

    “Ada peningkatan pemohon AK1 di Ciamis pasca lebaran, untuk hari pertama di hari Senin saja 109 pemohon,” kara Dase.

    Dase menjelaskan, memang pasca hari raya Idul Fitri perusahaan banyak yang membuka penerimaan pekerja. Karena, ada beberapa tenaga kerja yang tidak kemabali lagi ke perusahaan pasca libur hari raya.

    BACA JUGA: Setelah Lebaran, Pembuat Kartu Kuning di Banjar Naik 50 %

    Seiring meredanya Covid-19 perusahaan-perusahaan membuka kembali penerimaan tenaga kerja. Disnaker Ciamis telah melakukan langkah komunikasi dengan beberapa perusahaan.

    “Kita sudah berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan, seperti salahsatunya PT Chang Sin di wilayah Garut. Kemudian perusahaan yang ada di Ciamis seperti PT KBN dan Alba. Perusahaan-perusahaan tersebut tengah membuka lowongan kerja,” kata Dase.

    Dase menuturkan, untuk para pencari kerja, di Wilayah Ciamis saja banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Hanya masalahnya pada nominal upah.

    Upah Minimum Regional (UMR) Ciamis sendiri saat ini masih di angka RP 1.897.867. Kendati demikian Dase menjelaskan jika dilihat dari nominal memang masih jauh daru wilayah industri besar lainnya di Jawa Barat.

    BACA JUGA: Pasutri di Sindangkasih Ciamis Duel dengan Perampok

    “Jika mengukur nominal, kita juga harus mengukur perbedaan kebutuhan hidup di kota besar dan di kota kecil. Memang UMR nya besar di Kota-kota besar namun kebutuhan pengeluarannya juga besar. Sedangkan di Kota kecil dengan UMR lebih kecil kebutuhan hidupnya tidak terlalu besar. Jika mengacu pada nominal UMR di Ciamis saat ini dirasa cukup untuk biaya hidup di Ciamis,” kata Dase.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img