spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Ini Manfaat Puasa di Bulan Ramadan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Puasa di bulan suci Ramadhan merupakan perintah Allah SWT kepada umat Islam. Namun dibalik itu, menjalankan ibadah puasa memiliki banyak manfaat bagi orang yang menjalankannya.

    Setiap bentuk perintah Allah SWT dan yang dicontohkan Rasulullah SAW, sudah pasti ada hikmah dan manfaat bagi manusia menjalankannya.

    Seperti perintah puasa, jelas bukan hanya sebagai bentuk ibadah kepada Allah saja. Namun terdapat banyak manfaat bagi mereka yang menjalankannya.

    BACA JUGA: Ramadan 2022 Boneka Haji Geyot Alun-alun Ciamis Kembali Eksis

    Manfaat dari ibadah puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadist. Yakni ‘Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan sekehendak Allah. Allah berfirman, kecuali puasa, puasa adalah untukKu dan Aku yang akan membalasnya, ia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku’.

    Bagi orang yang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan ketika tiba waktu berbuka, dan kedua ketika berjumpa dengan Rabbnya. Dan sungguh, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari bau minyak kasturi. (HR Ibnu Majah)

    Berikut beberapa hikmah menjalankan ibadah puasa yang dirangkum dari berbagai sumber:

    1. Melawan hawa nafsu

    Hawa nafsu memiliki sifat yang brutal dan susah dikendalikan. Untuk itu, dengan melaksanakan puasa dari mulai subuh hingga adzan maghrib tentu bukan merupakan suatu hal yang mudah apabila tidak terbiasa dalam melawan menahan diri.

    Larangan makan dan minum sampai berhubungan suami istri tentu menjadi tantangan bagi yang melaksanakan puasa itu merupakan dalam rangka mengelola emosi dan ego hawa nafsu.

    2. Melatih dalam istiqomah beribadah

    Istiqomah dalam beribadah merupakan suatu hal yang harus dimiliki setiap orang. Dengan adanya puasa wajib di bulan ramadan. Jika dilakukan terus menerus maka hal tersebut akan menambah keistiqomahan kita dalam beribadah, dan juga akan meningkatkan dalam melaksanakan perintah-perintah Allah yang lainnya.

    3. Membantu mencegah kanker 

    Manfaat dari puasa adalah dapat membantu dalam mencegah kanker.  Salah satu penelitian yang berhasil menunjukkan, puasa dapat membantu memblokir pembentukan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi dalam pengobatan kanker.

    4. Mengajarkan hidup sederhana

    Dengan berpuasa kita pun juga dapat melatih untuk hidup sederhana. Ketika puasa berlangsung kita tidak banyak untuk membeli makanan atau minuman, karena harus menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa. Hal ini juga sekaligus mengajarkan kita untuk hidup berempati dengan lingkungan sosial dalam membantu hidup orang lain yang ada di bawah kita.

    5. Penyembuhan Psikologis

    Semua orang memiliki emosional yang berbeda-beda, Setiap hari tubuh harus menghadapi emosional yang terangsang dari luar. Oleh karenanya selain meningkatkan ibadah dan menyehatkan fisik, dalam puasa ramadhan juga bermanfaat dalam penyembuhan emosional diri seseorang. Saat tubuh mengalami tingkat stres yang tinggi, maka semakin banyak limbah metabolisme yang harus dibersihkan oleh tubuh. Lewat berpuasa, kita dapat membantu tubuh untuk membuang limbah metabolisme dan detoksifikasi emosional.

    6. Menjaga kesehatan

    Manfaat dari puasa juga ada untuk kesehatan tubuh supaya lebih terjaga, dan dapat melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat membuat tubuh kita lebih fit dan sehat. Hal ini bisa terjadi karena tubuh orang yang sedang berpuasa beristirahat dari segala macam makanan atau minuman yang tidak sehat serta dibatasi agar tidak banyak makan berlebihan yang masuk. Bahkan, para ahli kesehatan banyak yang  merekomendasikan kepada orang yang sedang mengalami penyakit tertentu untuk melakukan puasa.

    (Diana/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img