spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Ramadan 2022 Boneka Haji Geyot Alun-alun Ciamis Kembali Eksis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Warga Kabupaten Ciamis pastinya sudah tidak asing lagi dengan sosok boneka yang satu ini, yaa haji Geyot boneka yang berukuran besar ini selalu hadir di setiap bulan Ramadan.

    Haji geyot sendiri merupakan sosok boneka robot yang memiliki tinggi sekitar 2’5 Meter. Karena selalu hadir di bulan Ramadan, haji geyot sengaja dikenakan busana bernuansa islami dengan dibalut baju Koko batik dan peci khasnya.

    Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sosok boneka Haji Geyot selalu ditempatkan di sudut sebelah Timur Alun-alun Ciamis.

    Pantauan fokusjabar.id, Senin (4/4/2022) sore hari, sosok boneka Haji Geyot berdiri tepat di atas panggung dengan tangannya yang memukul bedug atau rebana besar yang bisanya digunakan untuk penanda waktu adzan.

    BACA JUGA: Kinerja Guru PPPK Ciamis Bakal Dievaluasi Setiap Tahun

    Sembari memukul bedug yang diiringi musik bernuansa islami, haji geyot juga tampak menggoyangkan pinggulnya atau ngageyot dalam bahasa Sunda sehingga tak ayal mengundang perhatian khususnya anak-anak.

    Fokusjabar.id Haji Geyot
    Ramadhan 2022 boneka Haji geyot Ciamis ramai dikunjungi. (Foto: Fauza).

    Banyak anak-anak dan orang tua nya yang tertarik dengan sosok haji geyot itu hanya untuk sekedar berswafoto untuk menunggu waktu berbuka puasa.

    Bahkan beberapa anak juga terlihat menaiki panggung haji geyot untuk berfoto sembari di dampingi oleh orang tua nya.

    “Hari ini kebetulan cuaca nya bagus, saya sama keluarga main ke alun-alun Ciamis untuk berfoto bersama sosok ikonik ini haji geyot. Alhamdulillah anak-anak juga merasa terhibur dengan goyangan haji geyot, jadia saya juga ikut seneng,” kata Ramdhani kepada fokusjabar.id.

    Sementara itu salah satu pengunjung, Evi mengaku bahwa dirinya merasa bersyukur karena bisa menyaksikan kembali sosok haji geyot setelah tahun sebelumnya tidak bisa mengunjungi alun-alun karena kondisi Pandemi Covid-19 masih meningkat.

    BACA JUGA: Aplikasi Kencan Asal Tiongkok Memakan Korban

    “Akhirnya bisa bertemu kembali sama sosok haji geyot anak-anak saya juga sangat senang bisa melihat goyangan haji geyot yang lucu ini,” kata dia.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img