spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Rahasia Aman Berkendara, Ketahui Komponen Gardan Mobil

    FOKUSJabar.id: Komponen gardan mobil menjadi faktor penting apalagi saat mobil mau menempuh jarak yang jauh. Letak gardan mobil ini tersembunyi di antara dua roda bagian belakang.

    Melansir beberapa sumber. Gardan mobil terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan dan terhubung untuk bisa berfungsi. Yaitu terdiri dari drive pinion gear, drive pinion shaft, ring gear, spider gear, spider gear shaft, differential carrier, axle shaft bearing, axle shaft housing, differential oil tube, universal joint flange, side gear, adjuster nut, bearing cap, dan gasket.

    Oleh sebab itu dengan banyaknya komponen-komponen tersebut, maka anda jangan sampai lupa melakukan servis secara berkala. karena kondisi gardan ini harus selalu dicek dalam jangka waktu tertentu. Selain itu jangan salah pilih bengkel servis juga yaitu harus ke bengkel resmi.

    BACA JUG: Ini Penjelasan Pentingnya Tune Up Mobil

    Berikut ini beberapa  komponen utama gardan dan fungsinya yang harus anda ketahui, yaitu:

    Drive Pinion Gear

    Drive pinion gear ini memiliki bentuk roda gigi yang mirip dengan nanas, karena bentuknya memang menyerupai nanas kupas. Kegunaannya itu sebagai roda gigi pemutar yang mengalirkan tenaga dari poros propeller ke bagian rangkaian gardannya. Drive pinion gear juga memiliki lekukan gigi yang banyak dan bervariasi. Semakin banyak variasi lekukannya, maka semakin cepat pula putaran pada as rodanya.

    Spider Gear Shaft

    Spider gear ini ada dua spider. Dengan letak 90 derajat dari side gear. Dengan Spider gear ini ketika mobil anda belok, tumpuan kendaraan akan lebih condong ke bagian dalam. Misalnya seperti, mobil anda berbelok ke arah kanan, maka tumpuannya juga lebih ke arah kanan. spider gear ini akan tetap berputar meskipun adanya perbedaan beban, karena berfungsi sebagai gigi pembeda putaran dan memiliki tingkat kemiringan 90 derajat.

    Gasket

    Komponen Gasket ini berfungsi untuk mencegah kebocoran dari tiap sambungan ketika adanya tekanan. Dengan gasket, maka kebocoran oli gardan bisa terhindarkan. Karena harus anda ketahui Ketika bagian ini bocor, maka akan mengakibatkan tidak sempurnanya sistem pelumasan pada bagian gigi gardan. Bahkan bisa berpotensi timbulnya kerusakan di bagian gigi gardan tersebut, bahkan bisa juga menjadikan suhu kendaraan anda lebih panas yang efeknya bahan bakar akan lebih boros.

    Universal Joint Flange

    Universal joint flade merupakan komponen untuk penerus putaran dari propeller shaft differential dalam meredam perubahan sudut dan juga untuk melembutkan perpindahan tenaga. Perputaran Universal Joint Flange ini ketika termakan seal pada ujung differential carrier ia juga akan aus. Ausnya komponen ini dapat mengakibatkan oli bisa keluar meskipun kalian sudah mengganti sealnya dengan yang baru.

    Ring Gear

    Ring Gear ini adalah roda gigi yang bentuknya menyerupai ring kayak cincin. Fungsinya salah satu komponen gardan dan peran pentingnya dalam mesin mobil yaitu; Meneruskan putaran mesin dari pinion gear, untuk merubah putaran mesin hingga 90 derajat.

    (Diana Yusuf/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img