spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini Penjelasan Pentingnya Tune Up Mobil

    FOKUSJabar.id: Pentingnya Tune Up Mobil agar performa mobil tetap terjaga, namun perawatan mobil ini sering terlupakan oleh pemilik, bahkan banyak orang tidak tahu apa itu Tune Up Mobil. 

    Pemilik mobil diharuskan untuk mengenal apa saja jenis perawatan mobil, karena Mobil sendiri, merupakan sebuah kendaraan yang membutuhkan perawatan, agar kondisinya tetap prima, dan tidak cepat rusak.

    Beberapa hal perlu diperhatikan itu dari mulai kondisi mesin, bodi, ban, fitur-fitur yang ada di dalam mobil, karet kaca , AC, sarung jok  dan yang lainnya. Perawatannya itu sendiri yaitu,dengan melakukan tune up, dan Service berkala.

    BACA JUGA: Harga Toyota Avanza Meroket, Ini Penyebabnya

    Berikut ini terdapat dua bentuk perawatan mobil yang mesti dilakukan, sebagai berikut:

    Tune Up Mobil

    Saat ini tune up mobil, sejumlah komponen penting dalam mobil harus diperhatikan dan diperiksa. tune up ini merupakan kegiatan perawatan mobil dengan jadwal rutin, misalnya satu kali dalam setahun. Sekilas hampir mirip dengan servis, tapi tune up ini memiliki arti yang beda, yaitu kegiatan standarisasi komponen dan sistem mobil agar kembali seperti semula.

    Maka Tune up menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mobil. Tune Up mobil pemilik harus rela merogoh kocek yang dalam. Namun uang yang dikeluarkan tersebut akan terbayar oleh performa hasil yang didapatkan.

    Dalam tune up sendiri terdapat 6 komponen mobil yang diperiksa:

    Filter Udara

    Ketika tune up yang pertama kali diperiksa adalah filter udara. disitu, teknisi akan membersihkan filter udara mobil. Jika filter udara sangat kotor maka harus diganti dengan yang baru.

    Karburator

    Pemeriksaan karburator ini dilakukan pada mobil yang bukan injeksi. Kemudian RPM mobil akan disetel ulang jika kondisi karburator sudah baik.

    Celah Busi

    Pengecekan celah busi ini dilakukan dengan cara melihat api yang keluar dari celah busi tersebut. Normalnya, api akan terlihat tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Biasanya celah busi telah diset dari pabrikan mobil. Namun, adanya interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat mengakibatkan celah busi itu berubah.

    Celah Katup

    Celah katup ini dilakukan pemeriksaan pada mobil konvensional yang memiliki sistem katup konvensional. disini celah katup akan disetel sehingga kembali pada posisi standar.

    Aki

    Tegangan aki juga diperiksa. Untuk aki regular, dilakukan pemeriksaan terhadap pengecekan elektrolit untuk mengetahui keadaan aki apakah masih bagus atau sudah lemah.

    Berbagai Cairan Fluida

    Oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, dan oli gardan adalah deretan cairan yang diperiksa. Semua cairan tersebut diperiksa apakah volumenya masih cukup, kondisi cairannya apakah perlu diganti atau tidak.

    Service

    Sedangkan untuk Service berkala merupakan perawatan yang biasanya hanya dilakukan pengecekan kondisi mobil saja. Pada umumnya, perawatan service berkala akan dilakukan pertama kali (mobil baru) pada saat jarak tempuh mobil tersebut, sudah mencapai 1.000 km.

    Untuk service berkala yang pertama dilakukan oleh teknisi, biasanya hanya melakukan pembersihan, pengecekan komponen yang ada di mesin.

    Berikut ini beberapa pengecekan yang dilakukan pada service berkala pada 1.000 km pertama:

    Bagian oli-oli pada mesin yaitu  mulai dari oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling. Bagian mobil yang memiliki cairan, biasanya akan dicek apakah ada bagian yang kurang rembes ataupun bocor.

    •       Pengecekan sistem pada aki
    •       Pengecekan sistem pada kemudi
    •       Pengecekan pada tekanan angin
    •       Pembersihan pada filter udara
    •       Pengecekan pada idle mesin
    •       Pengecekan pada roda

    BACA JUGA: Yamaha Fazzio Hybrid Cocok Untuk Style Anak Muda

    Tune Up mobil dilakukan bukan hanya secara berkala yang dilakukan setiap 1.000 km. Karena anda juga harus tahu macam-macam service berkala mobil. Berikut ini macam-macam service mobil berkala, sebagai:

    •       Service Berkala 1.000 km
    •       Service Berkala 5.000 km
    •       Service Berkala 10.000 km
    •       Service Berkala 15.000 km
    •       Service Berkala 20.000 km 

    (Diana Yusuf/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img