spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Angka Stunting Kabupaten Tasikmalaya Naik, HaloPuan Turun Gunung

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id:Tingginya angka stunting di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar), mendorong HaloPuan turun gunung dan mengedukasi kaum perempuan untuk melawan stunting di tingkat akar rumput.

    Koordinator HaloPuan, Poppy Astari mengatakan, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Badan Pusat Statistik (BPS) 2018, angka kejadian stunting di Kabupaten Tasikmalaya melebihi angka rata-rata nasional (27,7%), yakni 33,8%.

    Dan menurut data Bulan Penimbangan Balita (BPP) pada tahun 2020, angka riil balita stunting di Kabupaten Tasikmalaya dari 5.373 orang pada tahun 2019, naik menjadi 7.731 pada tahun 2020.

    Dari data tersebut, ada lima desa di Kabupaten Tasikmalaya dengan angka kejadian stunting tertinggi. Salah satunya adalah Desa Sukamulya, Kecamatan Singaparna, sebesar 47,8%.

    “Mengacu kepada data tersebut, hari ini kami tim HaloPuan bersama PDI Perjuangan turun ke Kabupaten Tasikmalaya dan memusatkan Gerakan Melawan Stunting di Desa Sukamulya, salah satunya adalah mengedukasi kaum perempuan tentang sebab dan dampak serta ikhtiar bagaimana melawan stunting dengan memanfaatkan potensi yang ada dan mudah,” kata Poppy, Senin (28/3/2022).

    Disini kata Poppy, HaloPuan bergotong royong dengan kader-kader DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya dan anggota DPR RI Dapil Tasikmalaya-Garut,  Dony Maryadi Oekon, serta kader-kader posyandu setempat.

    “Alhamdulilah sekitar 250 orang dari kalangan ibu hamil, ibu menyusui dengan balita stunting, pasangan usia subur, calon pengantin dan kader-kader posyandu, hadir dalam acara Gerakan Melawan Stunting di Desa Sukamulya ini, dengan menghadirkan nara sumber ahli gizi dari Dinas Kesehatan setempat, kami edukasi mereka,” ujar dia.

    BACA JUGA: Anting Berlian Inovasi Pemkot Banjar atasi Stunting

    Angka Stunting
    HaloPuan dan kelompok perempuan dalam gerakan melawan stunting di Kabupaten Tasikmalaya

    Dia menambahkan, Gerakan Melawan Stunting merupakan inisiasi Ketua DPR RI Puan Maharani, dengan pertimbangan bahwa untuk menurunkan angka stunting di Indonesia dari 27,7 persen menjadi 14 persen pada tahun 2024, tidak bisa hanya dilakukan pemerintah.

    Upaya menurunkan angka stunting itu lanjut dia, harus disertai adanya kesadaran warga, terutama keluarga-keluarga tentang bahaya stunting dan pentingnya asupan gizi seimbang bagi anak-anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan.

    Poppy menyebutkan, Ibu Puan memandang stunting sebagai persoalan penting. karena stunting tidak hanya menghambat pertumbuhan fisik tetapi juga perkembangan kognisi anak.

    “Jika tak ditangani secara serius, generasi masa depan Indonesia akan sulit bersaing di masa akan datang,” kata dia.

    Kepala Desa Sukamulya, Anzil Hidayat mengatakan, Desa Sukamulya saat ini masih menjadi lokus penanganan stunting. “Maka itu, mari kita bersama, seperti moto HaloPuan, bergerak bersama warga,” kata dia.

    Dia juga mengapresiasi tim HaloPuan. “Ini sungguh luar biasa, perjuangan yang sangat hebat dan harus terus digelorakan,” ucap dia.

    Sementara itu Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, Aef Syaripudin menyebutkan, jika tidak ditangani secara serius dari sekarang, persoalan stunting bisa membuat generasi masa depan bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Tasikmalaya, tumbuh dan berkembang tidak sesuai harapan.

    “Generasi masa depan itu adalah anak-anak kita yang sekarang masih balita,” kata Aef.

    Dia berharap tim HaloPuan bisa terus bergerak di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki 351 desa.

    “Di Garut saja, gerakan tim HaloPuan sudah beberapa kali dilakukan. Ya untuk Kabupaten Tasikmalaya dengan geografis yang luas ini, minimal dilakukan di lima tempat berbeda disesuaikan dengan jumlah kasus stuntingnya,” kata Aef.

    Dahsyatnya Manfaat Daun Kelor Cegah Stunting

    Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini mengatakan, selain penyuluhan, HaloPuan juga berbagi gagasan memanfaatkan bubuk daun kelor sebagai makanan tambahan super dalam melawan stunting.

    Angka Stunting
    Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, H. Aef Syaripudin, SH MH

    “Melalui gerakan HaloPuan ini kami mendapat informasi yang luar biasa penting. Ternyata manfaat daun kelor telah teruji di banyak negara dalam mengatasi malnutrisi dan gizi buruk,” jelas Aef.

    Di Desa Sukajaya Kabupaten Garut terang Aef, dan di Desa Cisempur Kabupaten Sumedang serta Desa Sukadana, Kabupaten Cirebon, HaloPuan bersama kader-kader PDI Perjuangan telah memonitor warga yang mengkonsumsi bubuk daun kelor selama satu bulan penuh.

    BACA JUGA: DMI Kabupaten Tasikmalaya Jadi Acuan DMI di Jabar

    Hasilnya jelas dia, bubuk daun kelor memperlancar ASI pada ibu menyusui serta meningkatkan berat dan tinggi badan anak, masing-masing 5 ons dan 0,5 sentimeter dalam satu bulan.

    “Solusi stunting ternyata tidak sulit, pohon kelor mudah menanamnya. Di mana saja bisa tumbuh. Alhamdulillah ternyata untuk pengentasan stunting ada solusinya yang mudah dan tidak mahal,” kata Aef.

    Angka Stunting
    HaloPuan bersama PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya menyerahkan paket makanan tambahan, termasuk di dalamnya 400 gram bubuk daun kelor

    Dia menyebutkan, selain kegiatan penyuluhan, HaloPuan dan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya membagikan paket makanan tambahan, termasuk di dalamnya 400 gram bubuk daun kelor, kepada warga yang hadir serta menyerahkan bibit kelor untuk ditanam  di pekarangan rumah masing-masing.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img