spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Perilaku Aneh Monyet di Situs Bojong Galuh Ciungwanara saat Prosesi Mieling Ngadegna Galuh

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan monyet di halaman depan Situs Bojong Galuh Ciungwanara, Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendadak hilang saat Mieling Ngadegna Kerajaan Galuh digelar. Ratusan monyet yang biasanya suka menjarah dan mengganggu pengunjung, hanya terlihat beberapa ekor saja dan berperilaku tidak seperti biasanya.

    “Ada perilaku unik yang ditemukan pada penyelenggaraan Mieling Ngadegna Galuh yang di selenggarakan di Situs Karangkamulyan. Saya tidak melihat kawanan monyet yang biasanya banyak dan suka usil, kini hanya terlihat beberapa ekor saja,” kata salah seorang pengunjung, Fahmi, Rabu (23/3/2022).

    Fahmi menuturkan, biasanya kawanan monyet di Situs Bojong Galuh Ciungwanara Karangkamulyan terkenal dengan sikap mereka yang selalu mengganggu para wisatawan dan warung yang berada di lokasi itu.

    “Saya heran kok pada hari ini pas digelar acara Mieling Ngadegna Kerajaan Galuh, perilaku kawanan monyet tidak seperti biasanya,” dia menambahkan.

    BACA JUGA: Minyak Goreng Curah di Pasar Ciamis Kosong, Kok Bisa?

    Sementarajuru pelihara Situs Bojong Galuh Ciungwanara Karangkamulyan, Syarif membenarkan hal tersebut. Kawanan monyet yang berada di Karangkamulyan selalu bersikap nakal kepada pengunjung terutama yang berada di halaman depan Situs.

    Fokusjabar.id Alkohol
    “Perilakunya selalu merebut makanan-makanan para pengunjung, tetapi hari ini mereka hampir tidak terlihat. Sehari sebelum digelar acara Mieling Ngadegna Kerajaan Galuh, kami melakukan doa agar monyet-monyet itu tidak mengganggu jalannya acara,” kata Syarif.

    Syarif mengatakan, jika tidak melakukan ritual khusus, ditakutkan ada gangguan yang terjadi. Salah satunya dari kawanan monyet yang berada di situs Karangkamulyan.

    BACA JUGA: Pelajar SMPN 1 Singaparna Raih Medali Danpusdikarmed

    “Alhamdulillah berkat doa yang dipanjatkan ke Allah SWT, kita lihat sendiri kawanan monyet tidak mengganggu sedikit pun,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img