spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    DPR RI Menilai Kecamatan Banjarsari Layak Mekar dari Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Anggota DPR RI, Agun Gunandjar menilai wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sudah sangat layak mekar menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

    Pasalnya, letak geografis perekonomian wilayah yang terhimpit oleh Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran ini adalah salah satu penopang ekonomi di Priangan Timur khsusnya Kabupaten Ciamis.

    “Jadi Banjarsari ini sudah sangat layak mekar dari Ciamis,” katanya saat melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Miftahun Anwar Dampasan Banjarsari, Kamis (3/3/2022).

    BACA JUGA: Distribusi BPNT Di Ciamis Menimbulkan Kerumunan

    Akan tetapi yang menjadi persoalannya itu Kabupaten Ciamis ini baru saja memekarkan Pangamdaran pada 2012 lalu. Sedangkam untuk aturan pemekaran baru itu harus menunggu 10 tahun setelah pemekaran sebelumnya.

    “Banjarsari bisa mengajukam pemekaran jadi DOB itu di tahun sekarang 2022, namun sampai saat ini belum ada yang berani melakukan ke arah pemekaran itu,” kata dia.

    Hal itu juga bisa dilakukan jika ada kemauan dari Pemerintah Kabupaten dan adanya dorongan dari DPRD. Tapi pemerintahnya kan tidak mau dengan dalih moratorium, terlebih para wakil rakyatnya juga tidak ada yang menyuarakan terkait pemekaran.

    “Ada kemauan tidak pemerintahnya terus DPRDnya mau mendobrak moratorium tidak. Duku saya berani dobrak karena pemekaran ini sangat menguntungkan masyarakat,” katanya.

    Ditambahkan Pengurus Ponpes Dampasan, M Aminudin Azis mengharapkan bahwa Banjarsari ini bisa mekar menjadi DOB dari Kabupaten Ciamis.

    Karena dia menilai jika pemekaran itu terjadi otomatis akan berdampak positif pada semua lini sektor dibanding dengan sekarang.

    “Luas wilayah sudah cukup, apalagi alasannya untuk tidak mekar jadi DOB dari Kabupaten Ciamis,” katanya.

    BACA JUGA: Polsek Banjarsari Tegur 15 Orang Pelanggar Prokes

    Kendati pohaknya berharap keinginnya itu bisa dibantu dam didorong oleh Agun Gunanjar sosok idolanya ini untuk memekarkan Banjarsari dari Kabupaten Ciamis.

    “Apalagi beliau ini merupakan putra asli Banjarsari,” kata dia.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img