spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Pengamalan Pancasila Harus Melekat pada Pribadi Mahasiswa

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota DPRD Jabar Hilal Hilmawan mengatakan bahwa mahasiswa dan pelajar berada dalam masa perkembangan konsep berpikir.

    Bahkan cara berpikir yang kritis tentang segala hal ada pada masa-masa itu. Maka pengetahuan dan wawasan tentang kebangsaan, pengamalan nilai pancasila harus melekat dalam pribadinya.

    Demikian disampaikan Hilal saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Gedung Dewan Pendidikan Indramayu, Jalan RA Kartini, Indramayu, di hadapan pelajar dan mahasiswa, Rabu (2/3/2022).

    BACA JUGA: Hari Pancasila, Sekwan Jabar gelar Lomba Podcast Pelajar

    “Sebagai contoh, penerapan rasa cinta terhadap tanah air harus ditumbuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jangan sampai mereka tidak mengetahui keberagaman dan toleransi serta saling menghargai antar pemeluk agama, suku dan budaya,” kata dia.

    Menerapkan nilai-nilai kebangsaan seperti toleransi, menghargai adanya perbedaan baik pendapat ataupun hal lainnya adalah bagian dari implementasi nilai-nilai kebangsaan.

    “Yang terpenting adalah soal tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Sebagai mahasiswa harus menyelesaikan kuliahnya, sebagai pelajar juga menyelesaikan hingga tuntas,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img