spot_img
Kamis 18 Agustus 2022
spot_img
More

    Ini 11 Jenis Burung Poksay yang Ada di Seluruh Dunia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Burung Poksay merupakan burung yang sangat populer di era 90-an. Hingga saat ini masih sangat digemari para kicaumania.

    Dibandingkan dengan burung yang lain, bisa dibilang Poksay memiliki penampilan yang sederhana. Namun banyak yang menyukainya karena keunggulan kicaunya yang banyak memiliki variasi yang sangat merdu.

    Daya tarik kicauan Poksay mendorong banyak orang rela merogoh kocek cukup tinggi untuk membelinya. Mungkin termasuk Anda.

    Namun sebelum mulai mengeluarkan uang, pastikan Anda memilih burung yang tepat. Belilah Poksay jantan karena lebih memiliki variasi kicauan.

    BACA JUGA: Burung Poksay Hongkong Tembus Rp10 Juta, Ini Cara Bedakan Jantan dan Betina

    Ada satu hal mendasar yang membedakan Poksay jantan dan betina. Yaitu jumlah variasi kicauannya.

    Poksay jantan bisa menghasilkan banyak variasi kicau. sSmentara yang betina hanya memiliki 1 variasi kicau atau bahkan tidak berkicau sama sekali.

    Membeli poksay betina untuk mencari aneka kicauan. Terlebih untuk lomba, adalah sebuah kesalahan besar. Burung betina lebih cocok dibeli untuk upaya penangkaran.

    Berikut 11 jenis burung Poksay yang ada di seluruh dunia:

    1. Poksay Hongkong (Garrulax chinensis)

    FOKUSJabar.id Burung Poksay Hongkong

    Poksay Hongkong mempunyai nama latin Garrulax Chinensis dan cukup di kenal pada Tahun 1990.

    Ciri-cirinya, bertubuh besar, warna hitam mengkilat di seluruh bagian bulu tubuh, sayap dan ekornya, ada sedikit warna putih dan warna abu di bagian leher dan kepalanya.

    Jenis Poksay Hongkong memiliki paruh berwarna hitam dengan bulu hitam di sekitar hidungnya, poksay hongkong juga mempunyai mata yang tajam dengan warna hitam.

    2. Poksay Jambul (Garrulax leucolopus)

    Fokusjabar.id Burung Poksay

    Burung jenis Poksay yang pertama adalah jenis Jambul. Kenapa disebut demikian karena memiliki jambul yang sangat unik di area kepalanya.

    Jenis Poksay jambul ini yang mungkin kita sudah mengetahui memiliki warna putih di sekitar jambulnya, dengan garis hitam di wilayah mata sampai ke bagian paruh, memiliki warna coklat dibagian bulu punggung dan sayapnya, dengan paruh berwarna hitam, memiliki mata yang bersinar.

    Tubuh poksay jambul kekar dan besar dari pada jenis poksay lainnya, suara yang enak didengar serta keras menjadikan burung  ini banyak digemari.

    BACA JUGA: 9 Film Anime Bakal Rilis Tahun 2022, ada One Piece Hingga Slam Dunk!

    Jenis poksay jambul dikenal dengan nama latin Garrulax Leucolopus. habitatnya hidup dengan berkelompok kecil.

    Dengan lingkungan hutan yang dipenuhi semak sangat disukai oleh habitat poksay jambul. Namun jenis poksay jambul putih biasanya juga suka hidup di area yang penuh oleh pohon bambu.

    Harga poksay jambul putih terbilang cukup terjangkau, kisaran Rp 1.000.000. Dengan nominal harga tersebut, sudah dipastikan bahwa burung jenis jambul putih ini banyak yang berminat.

    Bila Anda ingin membeli burung tersebut silahkan mengunjungi penjual.

    Poksay jambul putih ini biasanya ketika ingin berkembang biak, akan membuat sarang di sekitar atas pohon atau di area semak – semak.
    Ketika jenis poksay jambul bertelur biasanya burung ini menghasilkan sekitar 3 sampai 6 butir telur. Akan tetapi bila sang induk poksay jambul mengerami telurnya terkadang satu sampai dua teur tidak menetas.
    Mungkin poksay jambul ringkasnya seperti yang kami sampaikan, kita berlanjut ke jenis poksay hongkong mari kita simak di bawah ini.
    3. Poksay Sumatera (Garrulax bicolor)

    Fokusjabar.id Burung Poksay

    Poksay Sumatera sudah terkenal ke mancanegara, karena jenis poksay ini memiliki suara yang cukup indah. Selain itu ciri-cirinya memiliki warna putih dibagian kepala dan lehernya, mempunyai warna hitam di bulu tubuh, sayap hingga ekor, garis hitam di bagian matanya sampai keparuh menjadi identik dengan poksay sumatera ini.

    Mempunyai mata yang cukup tajam dengan warna hitam gelap, jenis poksay sumatera ini mempunyai nama latin yaitu Garulax Bicolor.

    Biasanya hidup di area hutan yang cukup rindang, bila Anda ingin menangkar jenis poksay sumatera alangkah baiknya dipersiapkan, penangkaran yang cukup agar burung poksay sumatera bisa hidup dan berkicau secara nyaman.

    Nah, untuk masalah harga burung jenis poksay sumatera ini, cukup murah yaitu kisaran 500rb hingga 900ribu, tergantung apakah burung poksay sumatera sudah jadi atau belum.

    Bisa Anda cari di tempat penjualan burung di sekitar kota Anda, untuk saran kami usahakan sebelum membeli teliti dulu kesehatan poksay sumatera.

    Memiliki sarang menjadi ciri khas tersendiri untuk penangkaran burung, banyak jenis posay tetapi poksay sumatera ini sangat indah suaranya dengan lantang.

    Bisa Anda lihat diatas dengan gambar poksay sumatera yang telah kami unggah disini, begitu eksotisnya penampilan jenis poksay sumatera ini, nah berikutnya di bawah ada jenis poksay samho yang kita akan ulas secara rinci.

    4. Poksay Samho (Garrulax berthemyi)

    Fokusjabar.id Burung Poksay

    Burung jenis poksay yang ke empat ialah jenis poksay samho yang merupakan jenis burung dari keluarga Leiothrichidae, dan mempunyai nama latin Garrulax Berthemyi.

    Akan tetapi keberadaan burung jenis poksay samho semakin punah untuk wilayah indonesia sendiri bisa dikatakan dapat dihitung dengan jari.

    Habitat burung jenis poksay samho terbatas, kita hanya bisa menjumpainya di negara taiwan karena di indonesia sendiri sangat jarang penangkaran burung jenis poksay samho ini.

    Harga burung jenis poksay samho sekitar Rp 500.000 – 700.000, bila berminat bisa mencarinya di tempat penjual burung.

    Ciri fisik jenis poksay samho ini mempunyai ukurang panjang 27cm sampai 29cm, memiliki bulu berwarna cokelat di bagian atas tubuhnya, ekornya berwarna sedikit merah, pada bagian dada hingga ekornya berwarna abu-abu, di bagian mata terdapat selaput biru yang melingkar.

    Burung jenis poksay samho sangat merdu keika saat mendengarkannya. Selanjutknya kita akan membahas burung jenis poksay genting atau poksay mandarin.

    5.Poksay Hitam (Garrulax lugubris)

    Fokusjabar.id poksay

    Burung jenis poksay hitam yang banyak di cari oleh pecinta burung, diberi nama latin Garrulax Lugubris. Poksay hitam ini habitatnya hidup di sekitar Pulau Sumatera, tetapi bukan salah satu burung jenis endemik.

    Kicauan burung jenis poksay hitam sangat bervariasi, indah di dengarkan, dan memiliki suara yang lantang.

    Ciri fisik burung jenis poksay hitam antara lain, mempunyai badan yang kekar dengan warna hitam diseluruh bulu badan hingga ekornya.

    Paruh burung ini berwarna orange, pada bagian mata nya ada lapisan kacamata hitam dan memiliki mata yang hitam tajam.

    Bicara masalah harga burung jenis poksay hitam kisaran Rp 300.000, cukup murah dan bisa didapat di penjual burung bila masih tersedia.

    6. Poksay Genting / Poksay Mandarin

    Fokusjabar.id Burung Poksay

    Burung jenis poksay genting, di beri nama latin Garrulax Mitratus, habitat burung ini populasinya hidup di sekitar lereng-lereng pegunungan yang lembab.

    Makanan utama poksay genting adalah serangga, bila mereka sedang mencari makanan, sering sekali berada di permukaan tanah. Tapi makanan lainnya yang poksay genting suka ialah ulat, sifut kecil, buah-buahan, biji-bijian, dan juga ngengat.

    Ciri fisik burung jenis genting diantaranya ialah memiliki tubuh panjang antara 22cm sampai 24cm, tubuh bagian bawah mempunyai warna abu-abu. Pada bagian mata mempunyai kacamata berwarna putih.

    Bagian sayap mempunyai garis putih tebal, mempunyai paruh berwarna kuning, burung jenis poksay genting memiliki kicauan yang sangat merdu, sehingga banyak di cari oleh penggemar burung.

    Untuk harga burung jenis poksay genting adalah kisaran Rp 425 ribu, yang bisa Anda cari di tempat penjual burung.

    7.Poksay Kuda (Garrulax rufifrons)

    Fokusjabar.id Burung Poksay

    Jenis poksay kuda dimana burung ini memiliki nama latin Garrulax Rufifrons, harganya kisaran Rp 500 ribu sampai 2,4 jutaan.

    Kicau burung jenis poksay kuda memiliki suara yang begitu bagus dan bervariasi serta lantang. Populasi dan habitat burung ini bisa kita jumpai di daerah kepulauan Jawa, dimana mereka lebih senang hidup di wilayah pegunungan.

    Ciri fisik jenis poksay kuda antara lain, mempunyai tubuh berukuran 27cm, pada bagian atasnya berwarna cokelat zaitun, mempunyai bulu cokelat.

    Paruh berwarna hitam, sementara kakinya berwarna hijau. Bila Anda ingin melihat secara detail bisa melihat gambar jenis poksay kuda diatas, kita berlanjut ke informasi selanjutnya yaitu jenis poksay mantel.

    8. Poksay Mantel (Garrulax palliatus)

    Fokusjabar.id Poksay

    Jenis poksay mantel, di beri nama latin Garrulax Palliatus, dimana burung ini populasi dan habitatnya bisa kita jumpai didaerah pegunungan di indonesia khususnya di pulau Sumatera, bisa ditemukan juga di daerah malaysia hingga brunai darussalam.

    Harga burung jenis poksay mantel kisaran Rp 250 ribu hingga 1,2 juta rupiah, sebelum anda membelinya harus mengetahui terlebih dahulu ciri ciri fisik burung ini.

    Ciri fisik poksay mantel bentuk tubuh berukuran besar memiliki panjang 27cm, dengan warna cokelat, pada bagian kepalanya berwana abu-abu.

    Bagian mata berselaput biru pucat dengan bola mata yang hitam serta tajam, mempunyai paruh berwarna hitam.

    Bila kita melihatnya sangat nampak manis burung poksay mantel ini, sekarang kita berlanjut ke pembahasan jenis poksay Lesser Necklaced Laughingthrush.

    9. Lesser Necklaced Laughingthrush (Garrulax monileger)

    Fokusjabar.id Burung Poksay

    Jenis poksay Lesser Necklaced Laughingthrush, mempunyai nama latin Garrulax Monuleger.

    Burung ini habitatnya berada di daerah pegunungan, dan bisa kita jumpai juga di berbagai negara seperti Bhutan, Kamboja, Bangladesh, China, India, Laos, Myanmar, Nepal, Thailand, Vietnam serta Indonesia.

    Harga burung poksay Lesser Necklaced Laughingthrush cukup lumayan, sekitar Rp 1,5 juta sampai 3 juta rupiah.

    Ciri fisik burung jenis poksay Lesser Necklaced Laughingthrush antara lain, mempunyai warna kombinasi cokelat dan putih di sekitar tubuhnya, terdapat garis hitam yang melingkar di bagian leher.

    Mempunyai kacamata berselaput kuning, serta warna hitam tajam dibagian mata.

    10. Spotted Laughingthrush (Garrulax ocellatus)

    Fokusjabar.id Burung Poksay

    Jenis Poksay Spotted Laughingthrush memiliki nama latin Garrulax Ocellatus, dan juga kita kenal sebagai poksay bintik-bintik. Populasi dan habitat jenis poksay Spotted Laughingthrush, bisa kita jumpai di wilayah Bhutan, Myanmar, China, India, Nepal.

    Harga burung poksay Spotted Laughingthrush terbilang cukup lumayan, yaitu kisaran Rp 1,5 jt hingga 3jt rupiah.

    Ciri Fisik poksay Spotted Laughingthrush ialah mempunyai bintik-bintik di bagian tubuhnya, dengan perpaduan warna cokelat, hitam, dan putih.

    11. Hwamei / Wambi

    FOKUSJabar.id Burung Wambie

    Poksay hwamei yang di beri nama latin Hwamei Melodious Laughingthrush, burung jenis ini dikenal juga sebagai poksay wambi.

    Habitat burung ini berasal dari negara China, termasuk kedalam deretan burung species langka. Harga poksay hwamei antara Rp 3.000.000 – 6.000.000.

    Populasi burung jenis poksay ini hidup di hutan yang rimbun, termasuk di pergunungan dengan berbagai jenis pohon.

    Ciri fisik poksay hwamei atau wambi yaitu, memiliki kombinasi warna cokelat dan hitam disekitar tubuhnya, terdapat garis putih dibagian atas matanya dan memiliki mata hitam tajam, paruhnya memiliki warna kombinasi antara hitam dan kuning.

    Pada saat musim kawin tiba, sang betina bisa menghasilkan telur 3 hingga 5 butir, di erami selama 15 hari. Sementara makanan yang di sukai burung jenis poksay hwamei atau wambi, seperti buah-buahan dan serangga kecil yang bisa dijadikan asupan protein untuk burung ini.

    Itulah beberapa jenis poksay yang terdapat di seluruh dunia dan Indonesia. Bila ingin membeli atau menangkar jenis poksay, usakan tempat nya harus bersih.

    Sehingga nanti akan nampak nyaman untuk burung jenis poksay tinggal, agar kicauan burung poksay ini semakin maksimal dan bersuara indah seperti yang kita inginkan.

    Untuk masalah harga jenis poksay yang sudah kami sebutkan, mungkin para penjual akan memberikan harga yang berbeda, jadi saran hemat kami usahakan bisa nego sehingga menghemat biaya pengeluaran Anda.

    Demikian yang dapat kami sampaikan tentang burung macam jenis poksay. Jenis poksay di atas kita bahas mulai dari ciri fisik, warna, habitat, harga dan gambarnya.

    Semoga kita semua mengetahui spesifikasi burung poksay, dan membantu Anda untuk bisa memberikan referensi mengenai jenis poksay. Kami harapkan dengan adanya artikel jenis poksay ini bisa menambah wawasan kita semua.

    (Nendy/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img