spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Burung Poksay Hongkong Tembus Rp10 Juta, Ini Cara Bedakan Jantan dan Betina

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dibandingkan dengan burung yang lain, bisa dibilang poksay hongkong memiliki penampilan yang sederhana. Namun, banyak yang menyukai karena kicaunya lebih unggul. Selain rajin berbunyi, rata-rata burung ini memiliki 5 variasi kicau. Beberapa burung malah bisa memiliki sampai 12 variasi. Tak heran kalau burung ini sempat populer pada tahun 90-an.

    Masa keemasan burung poksay hongkong di Indonesia mulai menurun ketika ada isu pelarangan impor burung. Namun, sekarang sudah mulai terdengar kembali suaranya di tengah para penggemar burung yang tak hilang dari masa ke masa.

    Daya tarik kicauan burung poksay hongkong mendorong banyak orang rela merogoh kocek yang cukup lumayan untuk membelinya, mungkin termasuk Anda. Namun, sebelum mulai mengeluarkan uang, pastikan Anda memilih burung yang tepat dan sehat. Belilah poksay hongkong berjenis kelamin jantan karena lebih gacor.

    Sumber Youtube : Fans Kicau

    BACA JUGA :  Ciri-ciri Burung Murai Batu Medan Asli yang Harganya Tembus 800 Juta

    Ada satu hal mendasar yang membedakan burung poksay hongkong jantan dan betina, yaitu jumlah variasi kicauannya. Poksay hongkong jantan bisa menghasilkan banyak variasi kicauan sementara betina hanya memiliki 1 variasi kicauan atau bahkan tidak berkicau sama sekali. Membeli poksay hongkong betina untuk mencari aneka kicauan, terlebih untuk lomba, adalah sebuah kesalahan besar. Burung betina lebih cocok dibeli untuk penangkaran/perternakan.

    Nah, saat membeli burung, Anda bisa meminta penjual burung untuk memilih poksay hongkong jantan. Namun, ada baiknya Anda pun memahami ciri-ciri yang membedakan agar tidak tertipu dan dirugikan. Simak penjelasan terkait perbedaan pada burung poksay hongkong jantan dan betina sebagai berikut.

    FOKUSJabar.id Burung Poksay Hongkong
    Burung Poksay hongkong Ilustasi (Web)

    1. Postur Tubuh

    Anda bisa membedakan poksay hongkong jantan dan betina dengan melihat postur tubuhnya. Burung poksay hongkong berjenis kelamin jantan memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan yang betina. Selain lebih besar, burung jantan juga memiliki postur yang lebih tegap dengan kepala cenderung mendongak. Jika Anda mendapati burung poksay hongkong yang kepalanya hampir sama rata dengan punggungnya, maka kemungkinan besar itu adalah poksay hongkong betina.

    2. Ukuran Kepala

    Ukuran kepala poksay hongkong jantan lebih besar menonjol dan memiliki mata yang tajam jika dibandingkan dengan betina. Hal ini pula yang menyebabkan burung jantan tampak lebih besar dan matanya yg lebih tajam/garang.

    3.Bulu

    Sekilas warna bulu poksay hongkong jantan dan betina hampir sama. Mayoritas bulu burung ini berwarna kelabu kecokelatan, hitam pada daerah sekitar mata dan leher, dan putih pada daerah sekitar pipi.

    Namun, cobalah perhatikan warna bulu pada daerah anus burung ini. Jika Anda mendapati bulu lembut dengan warna kuning kemerahan, bisa dipastikan bahwa itu adalah burung jantan. Ciri ini tidak dimiliki oleh burung poksay hongkong betina.

    4.Tingkah Dan Kegesitan

    Selain melihat ciri fisiknya, ternyata Anda juga dapat membedakan poksay hongkong jantan dan betina dari tingkah lakunya. Ada yang mengatakan bahwa burung poksay jantan lebih jinak dibandingkan betinanya.

    Anda akan menyadari hal tersebut ketika melihat burung poksay hongkong jantan lebih mudah ditangkap. Burung poksay betina cenderung lebih gesit dan suka melompat menghindari tangkapan.

    5.Voer Favorit

    FOKUSJabar.id Burung Poksay Hongkong
    Voer favorite Burung Poksay Hongkong

    Anda bisa mengamati perbedaan jantan dan betina pada burung poksay hongkong melalui pakan favoritnya. Cobalah memberikan voer kasar pada sangkar dan perhatikan. Seekor poksay hongkong jantan, yang pada dasarnya menyukai voer, akan memakannya begitu saja. Namun, tidak demikian dengan burung poksay hongkong betina.

    Poksay hongkong betina agaknya tidak menyukai tekstur kasar. Burung ini lebih menyukai voer lembut. Jika Anda meletakkan voer kasar pada sangkarnya, kemungkinan dia akan mematukinya terlebih dahulu sampai menjadi lembut sebelum memakannya.

    BACA JUGA: Ini 11 Jenis Burung Poksay yang Ada di Seluruh Dunia

    Sangatlah penting untuk jeli memperhatikan burung poksay hongkong yang akan dibeli. Burung ini memang mahal karena diimpor dari negara lain. Selain itu, burung jantannya lebih mahal dibandingkan betina. Maka jangan sampai Anda mendapatkan poksay hongkong betina tapi membayar dengan harga burung jantan.

    (Nendi / Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img