spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Pemanfaatan IPA Balokang Patrol Banjar Belum Maksimal

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemanfaatan air bersih dari Intalansi Pengolahan Air (IPA) Balokang Patrol Kota Banjar, Jawa Barat belum berjalan maksimal.

    Pasalnya, saluran air dari IPA yang telah uji alir 28 Oktober 2021 lalu belum bisa mengairi rumah-rumah penduduk di Kota Banjar.

    Menurut, Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Anom Kota Banjar, E.Fitrah Nurkamilah, hal itu disebabkan masih banyaknya perbaikan pada jalur distribusi.

    “Saat ini jaringan pipa distribusi masih diperbaiki oleh dinas teknis (PUPR),” katanya pada wartawan. Senin (6/12/2021).

    BACA JUGA: Lelang Kendaraan Dinas, Pemkot Banjar Hasilkan PAD Rp 463 Juta

    Sambungan rumah (SR) yang akan di pasok air bersih dari IPA Balokang Patrol itu bertotal 213 SR. sementara saat ini Jalur distribusi yang sudah ditelusuri dan keadaanya baik ada sebanyak 95 sambungan rumah.

    “Sisanya sebanyak 108 SR jalur distribusinya masih dalam tahap perbaikan, setelah semuanya berhasil maka akan di uji coba ke SR,” kata Fitrah.

    Sementara itu, sebelumnya diberitakan bahwa intalansi pengolahan air Balokang Patrol akan segera dinikmati oleh masyarakat Kota Banjar.

    Pada waktu itu, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih menyebutkan Intalasi Pengolahan Air Balokang Patrol memiliki kapasitas 50 liter per detik.

    “Pemanfaatan air bersih ini harus sudah tersalurkan ke rumah warga dalam waktu dua minggu ke depan. Target awal air ini bisa mengaliri 4.000 Sambungan Rumah (SR) warga,” kata Dia.

    BACA JUGA: Ressa Siap Rilis Album Pertamanya Januari Mendatang

    Dia mengatakan sudah ada sekitar 2.300 SR yang masuk list. Dia menyebutkan, ke depannya target tersebut bisa terus bertambah dan berkembang.

    “Sehingga target 70 persen warga masyarakat Kota Banjar bisa menikmati kebutuhan air bersih. Saat ini jumlahnya masih dibawah 30 persen,” kata dia.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img