spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Duh, Layanan Adminduk di Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Dihentikan

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Rotasi, mutasi dan promosi yang dilakukan Bupati Tasikmalaya terhadap ratusan pejabat esselon III dan II pada pekan lalu, berdampak terhadap tutupnya layanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya.

    Secara otomatis, layanan adminduk di kantor kecamatan pun berhenti sementara. Pasalnya, jaringan data informasi kependudukan di Disdukcapil tidak dapat diakses.

    Meskipun di beberapa dinding dan kaca dinas terpasang pengumuman tentang ditutupnya layanan adminduk, namun beberapa warga tetap datang dari daerah untuk mencoba meminta dilayani petugas. Sebagian warga lainnya langsung pulang setelah melihat papan pengumuman.

    Kekosongan pejabat dari mulai kepala dinas, sekretaris dinas dan kepala bidang di Disdukcapil, mengakibatkan penghentian sementara layanan adminduk dan administrasi lainnya hingga batas waktu yang belum ditentukan.

    “Untuk sementara kita menutup layanan adminduk dan administrasi lainnya. Karena terjadi kekosongan pejabat mulai dari kepala dinasnya. Kita menunggu arahan dari pimpinan daerah maupun dari Kementerian Dalam Negeri,” kata Kasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Niam Ahmad, Senin (6/12/2021).

    BACA JUGA: Gandeng Muklay, Xiaomi Hadirkan Edisi Khusus Redmi Note 10 5G

    Terkait kekosongan pejabat di di Disdukcapil, Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Mohammad Zen mengakui bahwa pemerintah sudah melangkah untuk segera mengisi beberapa jabatan penting seperti kepala dinas.

    Namun terang dia, untuk pengisi jabatan di Disdukcapil ini ada kekhususan. Dimana untuk menempatkan orang di jabatan pimpinan tinggi pratama, Sekdis dan Kabid dan Kasi, harus ada persetujuan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI.

    “Kita masih terus mengkomunikasikan hal ini dengan pemerintah pusat,” ujarnya.

    Hal senada diutarakan Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin. Untuk menentukan struktur organisasi perangkat daerah di Disdukcapil ini ada kekhususan.

    “Saya berharap permasalahan di Disdukcapil capil dapat segera teratasi, karena adminduk itu merupakan layanan dasar masyarakat. Dan jawaban dari pusat mudah-mudahan turun pekan depan terkait pengisian kekosongan jabatan,” kata Cecep.

    (Farhan/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img