spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Kabar Baik! Bos Pfizer Klaim Vaksinnya Mampu Berantas Varian Omicron

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Virus Covid-19 Varian Omicron membawa kenanikan baru bagi di dunia. CEO Pfizer, Albert Bourla pun buka suara terkait varian yang berasal dari Afrika Selatan ini.

    Bourla mengatakan, pihaknya optimis bahwa obat pil untuk pengobatan Covid-19 yang saat ini sedang dikembangkan perusahaannya mampu melawan infeksi varian Omicron.

    “Kabar baiknya ketika datang ke perawatan kami, itu dirancang dengan pemikiran itu, itu dirancang dengan fakta bahwa sebagian besar mutasi datang dalam lonjakan,” kata Bourla.

    BACA JUGA: Mengenal Covid-19 Omicron, Lebih Bahaya Dari Varian Delta?

    “Jadi itu memberi saya tingkat kepercayaan yang sangat tinggi bahwa pengobatan tidak akan terpengaruh, pengobatan oral kita tidak akan terpengaruh oleh virus ini,” kata dia seperti dilansir CNBC.

    Pfizer telah mengajukan permohonan awal bulan ini ke Food and Drug Administration (FDA) untuk mengizinkan pil pengobat Covid, Paxlovid, beredar dalam kondisi darurat.

    Dalam uji klinis pada warga berusia 18 tahun ke atas, Pfizer menemukan pil tersebut ampuh mengurangi rawat inap dan kematian sebesar 89% bila diminum dengan obat HIV.

    omicron
    CEO Moderna, Stephane Bancel. (web)

    Sebelumnya, CEO Moderna, Stephane Bancel menyebut bahwa belum ada vaksin yang efektif dalam melawan varian tersebut.

    “Tidak ada di dunia, saya pikir di mana (efektivitas) berada di tingkat yang sama…seperti yang dimiliki Delta,” ungkap Bancel dikutip dari Reuters pada Selasa (30/11/2021).

    Varian Omicron telah dimasukkan sebagai ‘variant of concern’ oleh WHO. Virus yang awalnya menyebar dari Botswana dan Afrika Selatan ini juga sudah ditemukan di banyak negara lain seperti Bostwana, Hong Kong dan Belgia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img