spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Sah Pindah Agama Hindu, Sukmawati: kembali Ke Agama Leluhur

    BALI,FOKUSJabar.id: Sukmawati Soekarnoputri sah memeluk agama Hindu setelah menjalani upacara Sudhi Wadani di Bale Agung Singaraja, Buleleng, Bali, Selasa (26/10/2021).

    Sukmawati yang semula beragama Islam mengatakan, perjalanan dirinya sebelum memeluk agama Hindu merupakan proses yang sangat panjang.

    “Ini merupakan suatu proses perjalanan panjang untuk menjadi Hindu. Kurang lebih 66 tahun kalau dihitung-hitung dari perjalanan panjang, proses saya memutuskan sebagai penganut kembali ke agama leluhur,” kata dia, Selasa (26/10/2021).

    BACA JUGA: Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Undang Presiden Jokowi

    Dia memutuskan pindah ke agama Hindu, mengikuti agama yang dianut neneknya sekaligus ibu Sukarno, Nyoman Rai Srimben. Nyoman Rai Srimben merupakan penduduk asli Kabupaten Buleleng, Bali.

    Sukmawati menyebut, sejak kecil ia sudah menyukai budaya-budaya Bali, mulai dari tarian hingga musik. Hal tersebut juga tak terlepas dari pengaruh eyang putrinya.

    Setelah dewasa, ia berlanjut mempelajari agama Hindu yang merupakan mayoritas di Bali.

    Kepala The Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna mengatakan Sukmawati memang kerap mengikuti upacara keagamaan Hindu saat berkunjung ke Pulau Dewata.

    “Saya selaku perwakilan beliau di Sukarno Center di Bali memang sering mengantar beliau ke pura-pura berdiskusi dengan para pendeta. Jadi, keputusan ini tidak diambil dalam waktu singkat. Ini kan perjalanan spiritual beliau. Termasuk juga petunjuk leluhur ya,” kata dia, seperti dilansir Tempo.

    BACA JUGA: Kartu Prakerja gelombang 22 Resmi Dibuka!

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img