spot_img
Rabu 20 Oktober 2021
spot_img
spot_img

KTP Transgender di Ciamis Bisa Ubah Nama dan Jenis Kelamin

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Transgender di Ciamis bisa mengubah nama dan jenis kelamin pada KTP seperti yang dalam intruksi Mentri dalam Negeri.

Sesuai dengan intruksi tersebur, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis tengah melakukan pendataan terhadap transgender.

Kepala Bidang Pengelolaan Informaak Disdukcapil Ciamis, Didin mengatakan, pihaknya tengah mencoba melakukan pendataan terhadap transgender. Meski hingga saat ini baru satu orang yang melakukan updating KTP dengan melakukan perubahan nama dan Foto.

“Kita dapat instruksi dari pusat pada bulan Juni 2021 lalu untuk melakukan pendataan kepada mereka,” katanya.

BACA JUGA: Ini Kisah Peraih Medali Emas PON XX Cabor Dayung Asal Pangandaran

Didin menjelaskan, mengenai perubahan KTP transgender harus melalui prosedur tertentu. Yakni untuk perubahan nama harus melalui proses pengadilan. Begitu juga dengan perubahan jenis kelamin, harus melalaui proses di pengadilan negeri.

“Kalau untuk sekedar merubah foto bisa kita proses, namun untuk perubahan nama dan jenis kelamin harus melalui prosedur khusus dan ditetapkan oleh Pengadilan Negeri, baru kita proses disini,” kata Didin.

Didin mengaku, untuk sosialisasi perubahan gender di KTP ini termasuk sulit. Karena, tidak semua terbuka dan mau memproses updating identitas.

“Mengenai alasan updating data menurut Mendagri merupakan kesetaraan gender. Maksudnya untuk menghindari diskriminasi gender,” kata Didin.

BACA JUGA: Transgender Bisa Punya KTP?

Didin menyampaikan, apabila ada yang ingin melakukan updating data KTP pihaknya sangat menyambut baik. Tidak ada diskriminasi semua akan diproses secara gratis tanpa pungutan biaya sedikitpun.

(Riza M Irfansyah/Anthika Asmara) 

Artikel Lainnya

spot_img