spot_img
Kamis 14 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Kim Jong Un Geram, Sebut AS Biang Kerok

KORUT,FOKUSJabar.id: Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un menyebut Amerika Serikat (AS) merupakan penyebab ketegangan yang terjadi di semenanjung Korea.

“AS adalah akar penyebab ketidakstabilan,” kata Kim Jong Un dalam pidato pembukaan dimuat media pemerintah, KCNA, Selasa (12/10/2021).

“Tidak ada dasar dalam tindakan mereka untuk percaya bahwa itu tidak bermusuhan,” kata dia, seperti dilansir CNBC.

BACA JUGA: Krisis Energi Ancam AS!

Ini adalah serangan terbaru Kim Jong Un ke ke negara Presiden AS Joe Biden setahun terakhir. Pyongyang sendiri berada di bawah sanksi internasional Karena pengembangan senjata nuklir dan program rudal balistiknya.

AS telah berulang kali mengatakan tak memiliki niat bermusuhan. Tapi Kim di pidatonya itu menegaskan tak percaya.

“Saya sangat ingin tahu, apakah ada orang atau negara yang percaya,” katanya.

Sebelumnya, di 2018, Korut dan AS sempat bertemu dalam KTT di Singapura. Kala itu, Presiden AS masih dijabat Donald Trump.

Tetapi proses pembicaraan terhenti di Hanoi Vietnam, tahun 2019. Kegagalan Barat memberi keringanan sanksi ke Korut menjadi penyebab.

Biden sendiri terus berupaya berbicara dengan Korut kapan saja dan di mana saja. Namun upaya denuklirisasi belum membuahkan hasil.

Sementara itu AS dan Korea Selatan (Korsel) menempatkan 28.500 tentara untuk mengantisipasi serbuan Korut. Perang sebelumnya terjadi 1950.

BACA JUGA: Kecam Klaim AS terhadap Yerusalem, Kim Jong Un Jadi Idola di Gaza

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img