spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Agus Prayogo Raih Medali Emas Kedua di PON XX, Atletik Jabar Pimpin Klasemen

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Jawa Barat menambah dua medali emas pada hari keempat pertandingan cabang olahraga Atletik PON XX/2021 dari nomor Marathon 42K dan Jalan Cepat 20K yang digelar di Jalan Kota Kuala Kencana, Perumahan Karyawan PT Freeport Indonesia, Timika, Papua, Sabtu (9/19/2021). Dengan tambahan dua medali emas, kini Jabar sudah mengumpulkan lima medali emas dan dua perak dari cabang olahraga Atletik PON XX/2021.

    Medali emas pertama Jabar pada hari keempat pertandingan cabang olahraga Atletik PON XX/2021 disumbangkan Agus Prayogo dari nomor Marathon 42K. Medali emas kali menjadi yang kedua bagi prajurit TNI Secapa AD ini di ajang PON XX/2021 setelah sebelumnya meraih medali emas di nomor lari 5000 meter.

    Pada pelaksanaan perlombaan yang dimulai sejak pagi WIT, Agus tampil tidak terlalu ngotot. Meski demikian, kecepatan prajurit TNI AD ini tetap konstan selama jalannya perlombaan.

    Agus Prayogo memimpin perlombaan nomor Marathon 42 K yang digelar di kawasan Kuala Kencana, Mimika, Sabtu (9/10/2021). (FOTO: Istimewa)

    Di 100 meter terakhir, Agus mulai melakukan sprint dan mencapai garis finish dengan catatan waktu 2 jam 33 menit 09.00 detik. Pelari Sumatera Utara, Welman D. Pasaribu finish di posisi kedua dengan catatan waktu 2 jam 33 menit 10.00 detik disusul Muhammad Ady Saputra (Kalimantan Selatan) di posisi ketiga dengan catatan waktu 2 jam 33 menit 19.00 detik.

    “Ini emas kedua saya di PON Papua dan saya masih ada satu target medali emas lagi. Yakni di lari nomor 10 ribu meter, saya ingin mengulang hattrick medali emas seperti PON sebelumnya,” kata Agus usai lomba, Sabtu (9/10/2021).

    Dibalik keberhasilannya menyabet dua medali emas, Agus menyebut jika PON XX merupakan gelaran PON terakhirnya. Pasalnya, dirinya sudah tidak bisa bermain lagi karena aturan pembatasan usia.

    “Dengan adanya pembatasan usia, PON XX di Papua ini jadi PON terakhir saya mewakili Jabar. Untuk itu, saya ingin cetak hattrick medali emas untuk dipersembahkan bagi masyarakat Jabar,” Agus menegaskan.

    BACA JUGA: Annita dan Amanda Balas Kekalahan, Biliar PON XX Jabar Raih Emas Perdana

    fokusjabar.id pon xx atletik jabar
    Hendro disambut Ketua Umum Pasi Jabar, Aan Johana saat tiba di garis finis usai memastikan medali emas pada nomor jalan cepat 20km atletik PON XX Papua di kawasan Kuala Kencana, Mimika, Sabtu (9/10/2021). (FOTO: Istimewa)

    Sementara satu medali emas lainnya bagi Jabar disumbangkan Hendro dari nomor Jalan Cepat 20K. Peraih medali emas SEA Games empat kali berturut-turut itu tampil dominan di arena lomba yang digelar di Jalan Kota Kuala Kencana, Perumahan Karyawan PT Freeport Indonesia, Timika, Papua, Sabtu (9/19/2021).

    Hendro berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 jam 35 menit 38.00 detik sekaligus memastikan medali emas ketiga bagi tim Atletik Jabar di PON XX/2021. Sedangkan medali perak diraih atlet DI Yogyakarta, Bayu Prasetyo yang mencatatkan waktu 1 jam 37 menit 50.00 detik dan Mursalim Bahri asal Sulawesi Barat mendapatkan medali perunggu setelah finish dalam waktu 1 jam 41 menit 13.00 detik.

    Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pasi) Jabar, Aan Johana mengatakan jika dua medali emas pada hari keempat perlombaan sudah sesuai prediksi. Tim Atletik Jabar sendiri ditargetkan untuk bisa mendulang minimal delapan medali emas di PON XX/2021.

    “Saat ini kita sudah mengoleksi lima medali emas dan dua perak, tinggal tiga medali emas lagiuntuk bisa mencapai target. In sya Allah, kita bisa mencapai target karena masih ada beberapa nomor andalan kita yang belum dipertandingkan. Semoga bisa melampaui target,” kata Aan.

    Selain nomor Marathon 42K putra dan Jalan Cepat 20K putra, dipertandingkan juga untuk kelompok putri di dua nomor tersebut. Untuk nomor Marathon 42K putri, medali emas diraih atlet DKI Jakarta atas nama Odekta Elvina Naibaho disusul rekannya Tryaningsih di posisi kedua. Sedangkan medali perunggu diraih atlet Kalimantan Timur, Irma Handayani.

    Untuk nomor Jalan Cepat 20K, medali emas diraih atlet DI Yogyakarta atas nama Indah Lupita Sari. Medali perak diraih atlet Jatim, Ari Indah A dan medali perunggu diraih Halida Ulfah yang membela kontingen Kalimantan Selatan.

    Hingga hari keempat pertandingan cabang olahraga Atletik PON XX/2021, Sabtu (9/10/2021), sudah mempertandingkan sebanyak 19 dari 46 nomor pertandingan. Jabar, untuk sementara, memimpin klasemen perolehan medali dengan raihan lima medali emas dan dua perak.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img