spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Massa Demo di Gedung DPRD DKI, Tuntut Formula E Dibatalkan

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Sejumlah massa menggelar aksi menuntut agar Formula E dibatalkan di DPRD DKI Jakarta, Senin (13/9/2021).

    Massa mengatasnamakan ‘Aksi Jakarta Bergerak’ itu datang dari arah Jl MH Thamrin menuju Kantor DPRD DKI Jakarta di Jl Kebon Sirih.

    Massa nampak membawa 1 unit mobil komando disertai poster bertuliskan ‘TOLAK FORMULA E, WARGA PERLU MAKAN BUKAN BALAPAN!’.

    BACA JUGA: Perpustakaan Nasional Siap Gelar Gemilang Award 2021

    “Yang kami tuntut terkait rencana event balapan mobil Formula E yang akan dilakukan Pemprov DKI dan Gubernur Anies. Kami merasa sebagai rakyat kecewa, marah dan sakit hari karena ada uang rakyat begitu besar Rp 1 triliun terbuang percuma pada saat ini,” kata Koordinator Lapangan Aksi Jakarta Bergerak.

    Siska meyakini pandemi akan terjadi selama bertahun-tahun, semestinya dana triliyunan bisa diperuntukkan pemulihan ekonomi.

    “Pandemi masih panjang, perut perlu makan. Bukan masalah balapan mobil yang diutamakan!” kata Siska.

    Dia juga mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap DPRD DKI yang mengesahkan anggaran Formula E pada 2019 silam.

    “Yang membuat kami sedih disahkannya anggaran itu oleh DPRD. Kami kecewa memilih kalian. Itu jadi intropeksi kami di pemilihan berikutnya,” katanya, seperti dilansir Detik.

    Polisi pun langsung meminta massa aksi segera bubar. Polisi beralasan karena Jakarta masih PPKM level.

    “Yang tak berkepentingan, silakan membubarkan diri! Jakarta masih PPKM,” kata polisi di lokasi, Senin (13/9/2021).

    Namun, massa tetap berupaya mengirimkan perwakilan untuk melakukan audiensi. Akhirnya, 7 orang perwakilan massa diperkenankan masuk ke dalam untuk melakukan audiensi di DPRD DKI. Sedangkan sisanya diminta membubarkan diri ke arah Tugu Tani, Jakarta Pusat.

    Sebagaimana diketahui, 7 fraksi DPRD DKI Jakarta sepakat menolak usulan interpelasi fraksi PDIP dan PSI yang ditujukan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

    Pertemuan diketahui digelar di rumah dinas Anies, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (26/8) malam. Ketujuh Fraksi yang hadir adalah Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi NasDem, Fraksi Golkar, dan Fraksi PKB-PPP.

    BACA JUGA: Balapan Formula E 2020/2021 Batal Sambangi Indonesia

    Dari foto yang beredar itu, terlihat juga Ahmad Riza Patria selaku Wagub DKI. Anies, Riza, dan seluruh anggota Dewan yang hadir tampak memakai masker.

    Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengatakan pihaknya bersikeras mengajukan interpelasi meski Gerindra mengklaim 73 anggota DPRD menolak.

    Gembong menjelaskan alasannya tetap kekeh mengajukan interpelasi terhadap Anies. Dia mengaku heran dengan pemikiran Pemprov DKI yang masih memaksa gelaran Formula E di tengah situasi pandemi saat ini.

    “Pertanyaannya apakah dalam situasi pandemi ini gelaran Formula E dibutuhkan rakyat Jakarta? Kenapa tidak ditunda tahun 2023? Di saat situasi Jakarta yang belum pulih, rasanya kok tidak elok pemprov euforia menggelar balapan Formula E,” kata Gembong, Sabtu (28/8/2021).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img