spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Oded: Pancasila Kunci Kerukunan Umat Beragama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, Pancasila tidak bertentangan dengan agama mana pun. Para founding father Indonesia telah memberikan petunjuk arah berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila dan UUD.

    Dengan mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, orang nomor satu di Kota Bandung tersebut meyakini apabila kerukunan antar umat beragama di Indonesia akan senantiasa dapat terjaga.

    “Patuhi aturan yang ada. Jangan sampai kita melanggar Pancasila dan UUD. Mari belajar bersama dan taat aturan. Salah satu kunci untuk menjaga kerukunan antar umat beragama yaitu dengan membumikan dan mengimplementasikan Pancasila,” kata Oded di Grand Tebu Hotel, Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (4/9/2021).

    BACA JUGA: Dishub Kota Bandung Tambah Armada Bandros

    Dalam kesempatan tersebut, dirinya merinci sejumlah filosofi dari sila-sila yang terkandung pada Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.

    “Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagai manusia kita pasti diciptakan oleh Tuhan. Saya melihat filosofis dari Pancasila itu luar biasa,” kata dia.

    Kemudian untuk sila kedua, yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Oded menyebut Indonesia akan hancur jika keadilan telah hilang dari kehidupan bernegara.

    “Itulah roh dari sila kedua. Manusia tidak bisa lepas dari nilai-nilai kemanusiaan, siap-siap akan hancur. Persatuan Indonesia, terdiri dari banyak pulau, suku. Pancasila sudah final bukan untuk diperdebatkan lagi,” Oded menegaskan.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img