spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    3 Sifat Buruk Yang Harus dihindari

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Meski manusiawi, sifat buruk sebenarnya sangat merugikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

    Manusia merupakan sebaik-baiknya makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT. Berbeda dengan makhluk lainnya, manusia oleh Allah SWT dibekali akal pikiran, supaya bisa membedakan antara sifat baik dan buruk. Salah satu sifat yang dibenci oleh Allah adalah ingkar janji

    BACA JUGA: Ciri Orang Munafik ada 4, Ini Tanda-tandanya

    Berikut ini 3 sifat buruk menurut agama islam:

    آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

    “Rasulullah SAW bersabda: Tanda orang munafik tiga; apabila berkata ia berbohong, apabila berjanji mengingkari, dan bila dipercaya mengkhianati.”

    1. Ingkar Janji

    Orang yang sering ingkar berarti orang tersebut tidak dapat dipegang ucapannya. Hal ini menjadikan orang lain sulit menaruh kepercayaan terhadap orang yang tidak pernah menepati janjinya.

    Selain itu mengingkari janji juga akan berakibat merugikan orang lain. Janji adalah sumpah yang wajib hukumnya untuk ditepati. Apabila seseorang telah berjanji namun tidak menepatinya maka orang tersebut termasuk kedalam golongan orang-orang munafik.

    Dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 91 menjelaskan bahwa kita wajib menepati janji yang sudah diucapkan, sebab kita menjadikan Allah saksi atas segala janji dan sumpah kita. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang sudah kita perbuat.

    Mengingkari janji merupakan sifat buruk dan sama saja dengan berbohong kepada Allah, maka besar dosa yang akan didapatkan jika tidak mentaatinya.

    2. Berbohong

    Baik dalam ajaran agama manapun tidak ada yang membenarkan suatu kebohongan. Begitu juga dengan Islam. Apapun bentuk kebohongan tetaplah kebohongan. Hal ini juga sangat dibenci sesama manusia dan juga Allah.

    Berkata tidak jujur, atau mengucapkan sesuatu yang tidak seperti kenyataannya dapat merugikan banyak pihak. Sekali orang melakukan kebohongan maka orang tersebut akan terus berbohong lagi dan lagi.

    Itulah mengapa sekali seseorang melakukan kebohongan akan terlibat dalam lingkaran syetan yang membuat orang tersebut terus melakukan kebohongan lainnya lagi.

    Sikap dusta seperti ini nantinya dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Orang yang senang berbohong atau berdusta bahkan mampu membolak-balikan fakta, yang nantinya akan berakibat pada sifat buruk lainnya yaitu fitnah.

    3. Berkhianat

    Berkhianat adalah sifat tercela lainnya yang masuk kedalam golongan orang-orang munafik. Orang yang berkhianat ini adalah orang yang melanggar atau menghancurkan kepercayaan yang sudah diberikan padanya.

    Orang yang senang berkhianat seperti ini jika diberikan tanggung jawab dan amanat justru akan melakukan hal yang sebaliknya.

    Sebagai sesama umat manusia apapun jenis sifatnya selama itu merugikan orang lain dan lingkungan maka itu adalah perilaku tidak terpuji dan berdosa.

    (Nendy/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img