spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Ciri Orang Munafik ada 4, Ini Tanda-tandanya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Munafik atau nifak adalah sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Bahkan, di dalam Al quran Allah menyebut orang munafik pada 13 ayat. Nah, apa saja ciri/tanda orang munafik?

    Dalam surat An-Nisa ayat 145, Allah SWT berfirman dosa orang munafik akan ditempatkan pada tingkatan neraka yang paling bawah. Mereka tidak akan menerima pertolongan. Berikut bunyi ayatnya:

    Arab: اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

    Latin: innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār, wa lan tajida lahum naṣīrā

    Artinya: Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.

    BACA JUGA: 15.249 Orang Ikuti UTBK SBMPTN 2020 di UPI

    Berikut ciri orang munafik:

    Tanda-tanda orang munafik disebutkan dalam empat ciri. Berdasarkan hadist riwayat Muslim nomor 58, dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    Arab: أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا ، وَمَنْ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ وَإِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ

    Artinya: ada empat tanda, jika seseorang memiliki empat tanda ini, maka ia disebut munafik tulen. Jika ia memiliki salah satu tandanya, maka dalam dirinya ada tanda kemunafikan sampai ia meninggalkan perilaku tersebut, yaitu: jika diberi amanat, khianat; jika berbicara, dusta; jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi; jika berselisih, dia akan berbuat zalim.

    Dari hadis tersebut, ciri orang munafik dapat dikenal dengan sifat berdusta, ingkar Janji, berkhianat, dan zalim.

    Selain itu, agar terhindar dari ciri orang munafik sebaiknya umat Islam membaca doa yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dalam hadis riwayat Al-Hakim nomor 1944 Rasulullah bersabda:

    Arab: اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْكُفْرِ ، وَالْفُسُوقِ ، وَالشِّقَاقِ ، وَالنِّفَاقِ ، وَالسُّمْعَةِ ، وَالرِّيَاءِ

    Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kekufuran, kefasikan, kedurhakaan, kemunafikan, sum’ah, dan riya.

    Semoga kita bukan termasuk dalam ciri orang munafik, dilansir dari dtk.com

    (Nendy/DTK.com)

    Berita Terbaru

    spot_img