spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    BPBD Jabar Bersama Pemkab Bogor Buat Sentra Vaksinasi di 10 Kecamatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat membuat 10 sentra vaksinasi di 10 kecamatan di Kabupaten Bogor. Hal itu dilakukan untuk mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat dalam penanggulangan pandemi virus korona.

    Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dani Ramdan mengatakan, vaksinasi yang diselenggaran atas kerjasama dengan Pemkab Bogor ini menargetkan 56 ribu warga.

    “Dari 10 kecamatan itu, masing-masing kecamatan 3 ribu orang yang divaksin. Vaksinasi dilakukan tiga kali, yakni pada 26 dan 28 Juli serta 2 Agustus 2021,” kata Dani, Kamis (29/7/2021).

    Dia berharap masing-masing pelaksanaan diikuti 30 ribu orang. Namun, dengan mempertimbangkan kendala di masyarakat, pihaknya menargetkan 56 ribu warga.

    BPBD
    Seorang warga tengah melakukan vaksinasi di salah satu sentra vaksinasi (foto IST)

    “Semoga kesempatan baik ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membentuk kekebalan tubuh. Kami berharap langkah ini akan meminimalisasi risiko kematian akibat terpapar COVID-19,” kata dia.

    BACA JUGA: BPBD Jabar dan Pemkab Bogor Sediakan 10 Sentra Vaksinasi untuk Warga

    Dani mengatakan bahwa pekerjaan ini tidak mudah, mengingat jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa. Secara keseluruhan, target vaksinasi mencapai 70-80 persen atau sekitar 37 juta jiwa. Maka sentra vaksinasi diperlukan untuk memperbanyak jumlah warga yang divaksin.

    “Angka yang sangat besar, tidak mungkin dicapai dengan cara yang biasanya butuh 10 tahun,” kata Dani.

    Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, ada 4,2 juta jiwa sasaran vaksinasi dari total 5,7 juta penduduk. Untuk mencapai 20 persen, kata dia, diperlukan 1,2 juta jiwa yang ditargetkan tercapai hingga Agustus mendatang.

    Di luar sentra vaksinasi yang bekerjasama dengan BPBD Jawa Barat, pihaknya menggelar vaksinasi setiap Senin dan Rabu di masing-masing Puskesmas dengan target harian 2 ribu orang.

    “Totalnya 160 ribu per minggu. Kami lakukan di 40 kecamatan,” kata Burhanudin.

    Dia meyakini peningkatam vaksinasi ini akan berbanding lurus dengan penurunan tingkat kesakitan dan kematian akibat COVID-19. Dia mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat kasus COVID-19 yang cukup tinggi.

    “BOR rumah sakit di angka 73 persen. Dari 10 TPU, sudah penuh. Kita buka empat titik lagi pemakaman umum,” kata dia.

    Berikut 10 kecamatan yang terdapat sentra vaksinasi di Kabupaten Bogor:

    1 Ciomas

    2 Sukaraja

    3 Parung

    4 Kemang

    5 Cileungsi

    6 Gunung Putri

    7 Citeureup

    8 Tajur Halang

    9 Bojong Gede

    10 Cibinong

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img