spot_img
Senin 2 Agustus 2021
spot_img
spot_img

Tiap Malam Jumat Kliwon, Makam Eyang Dalem Antrapraja Didatangi Peziarah

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Makam Eyang Dalem Antrapraja (Ki Wangun Jaya) Desa/Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar), meski lokasinya berada di hutan belantara  Gunung Sawal dan cukup jauh dari pemukiman warga namun banyak dikunjungi peziarah dari berbagai pelosok Nusantara.

Untuk bisa sampai ke lokasi Makam Eyang Dalem Antrapraja, para peziarah harus berjalan kaki menyusuri jalan tanah setapak yang banyak ditumbuhi pepohonan khas Gunung Sawal. Lamanya perjalanan dari Dusun Pogor Desa/Kecamatan Lumbung ke lokasi sekitar 45 menit.

Menurut juru kunci Makam Eyang Dalem Antrapraja, Enjo (52), dahulunya Ki Wangun Jaya dari Kerajaan Mataram yang ditugaskan membuka Padukuhan (saat ini bernama Lumbung) untuk menyebarkan agama Islam. 

makam fokusjabar.id
Peziarah (foto Husen)

BACA JUGA: 3 Sifat yang Dibenci Rasulullah SAW

“Menurut cerita nenek moyang, konon Beliau datang dari Kerajaan Mataram untuk membuka lahan yang akan dijadikan perkampungan,” kata Enjo. 

Enjo mengatakan, sejak Eyang Dalem Antrapraja bermukim banyak penduduk lokal yang memeluk agama Islam. Terlebih dalam mengajarkannya penuh kasih sayang.

.”Karena semasa hidupnya Beliau memiliki ilmu linuwih, maka sampai saat ini banyak peziarah yang datang makamnya untuk berdoa kepada Allah SWT. Biasanya pada malam Jumat Kliwon,” tuutp Enjo. 

(Husen Maharaja/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img