5 Manfaat Salat Tahajud

0
131
FOKUSJabar.id Salat Tahajud
Ilustrasi (Web)

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Salat tahajud merupakan ibadah sunnah yang terbilang istimewa. Ibadah sunnah yang dilakukan pada waktu sepertiga malam ini juga telah disebutkan di dalam Al-Qur’an, bahwa siapa yang melaksanakannya akan diangkat ke tempat terpuji di mata Allah SWT.

Salat tahajud sebenarnya juga dapat dilaksanakan dari kurun waktu setelah salat isya hingga sebelum salat subuh, namun diutamakan untuk melakukannya pada waktu sepertiga malam.

Manfaat salat tahajud bisa kamu dapatkan dengan menjalankannya secara rutin serta mengikuti tata caranya dengan benar.

BACA JUGA: 10 Khasiat Arti Surat Al-Kautsar dan Doa Dapat Telaga Surga Kautsar

Tidak ada perbedaan besar antara salat tahajud dengan salat wajib lima waktu yang biasa dilakukan umat muslim setiap hari sehingga kamu akan dengan mudah melaksanakannya. 

Mengenai jumlah rakaat, salat tahajud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam, dengan jumlah rakaat yang tak terbatas, sesuai kemampuan.

Lantas, apa manfaat melaksanakan salat tahajud? Berikut lima manfaat salat tahajud, seperti dilansir berbagai sumber, Senin (12/07/2021).

FOKUSJabar.id Salat Tahajud
Salat Tahajud. Ilustrasi (Web)
  1. Jembatan menuju surga

Salat malam adalah sebaik-baiknya waktu beribadah yang dianjurkan karena dengan melaksanakannya dapat menjembatani untuk menuju ke pintu surga.

Sebagaimana Rasulullah Bersabdah:

“Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan salatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

2. Doa akan dikabulkan Allah SWT

Satu di antara manfaat melaksanakan salat tahajud di malam hari adalah doa yang kamu panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, di waktu malam yang hening dan sepi, membuat muslim lebih khusyu dalam memanjatkan doa.

Rasulullah bersabdah dalam sebuah hadis:

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

3. Amalan yang akan membantu di akhirat kelak

Terdapat satu ayat di dalam Al-Qur’an yang terkait dengan salat malam atau tahajud, dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah dikatakan bahwa seorang muslim yang menjalankan salat tahajud, akan mendapatkan balasan baik di akhirat kelak.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

4. Menjaga kesehatan rohani

Melaksanakan salat tahajud yang dilakukan setiap hari dan secara istikamah dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan rohani sehingga kamu akan terhindar dari penyakit mental.

Hal ini karena seorang muslim yang menjalankan salat di malam hari akan mendapatkan sebuah ketentraman hati dan ketenangan jiwa.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Furqan:

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al- Furqan:63-64).

5. Mengangkat derajat

Bagi setiap muslim yang taat kepada Allah SWT dan rajin dalam menjalankan ibadah, termasuk ibadah salat tahajud pada sepertiga waktu malam,  derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT.

Sebagaimana Allah berifrman:

“Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra:79).

(Nendy/Berbagai Sumber)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini