spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Dukung ICF National Championship 2021, Kapolda Jabar dan Danrem 062/TN Minta Prokes Diperketat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penerapan protokol kesehatan (prokes) menjadi salah satu bagian penting dari pelaksanaan Kejuaraan Nasional Balap Sepeda ‘ICF National Championship 2021′ yang akan digelar di Kabupaten Garut dan Kota Cimahi, 21-29 Agutus 2021 mendatang. Hal itu pun menjadi perhatian utama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jabar Irjen (Pol) Ahmad Dofiri dan Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 062/ Tarumanegara, Kolonel Inf. Muhamad Muchidin.

    Hal tersebut terungkap saat audiensi yang dilakukan pengurus provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jabar serta panitia pelaksana secara marathon ke dua institusi TNI dan Polri tersebut.

    Ketua Umum Pengprov ISSI Jabar, Yudi Nugraha Lasminingrat mengatakan, persiapan sebagai tuan rumah pelaksana kejurnas sudah dilakukan usai mendapatkan surat penunjukkan dari PB ISSI. Mulai dari pembentukan kepanitian, mengecek kesiapan venue, hingga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

    “Sebelumnya, kami sudah melakukan audiensi dengan pihak Pemkab Garut, KONI Jabar, hingga dengan PB ISSI terkait progres yang sudah dilakukan,” kata Yudi saat ditemui di Bandung, Jumat (2/7/2021).

    Untuk pelaksanaan pertandingan, lanjut dia, akan mengambil tempat di dua wilayah yakni Kabupaten Garut dan Kota Cimahi. Di Kota Dodol, akan digelar pertandingan untuk kategori road race, BMX freestyle, trial, dan MTB.

    “Sedangkan untuk di Kota Cimahi, untuk kategori lomba track,” kata dia.

    BACA JUGA: IGD Covid-19 di RSUD Kota Bandung Tutup Sementara, Ini Alasannya

    fokusjabar.id ICF National Championship
    Pengecekan venue BMA Freestyle untuk Kejurnas Balap Sepeda ‘ICF National Championship 2021’ usai pelaksanaan audiensi ISSI Jabar dan Panpel dengan Danrem 062/Tarumanagara. (FOTO: Istimewa)

    Ketua Panitia Pelaksana, Agus Indra Arisandy menambahkan, dalam pelaksanaan kejurnas balap sepeda ‘ICF National Championship 2021’, penerapan prokes akan menjadi ketentuan penting. Selain dari pelaksanaan swab test bagi atlet dan seluruh pihak yang terlibat, penentuan venue pun menjadi hal penting sehingga tidak menimbulkan kerumunan warga.

    “Kita sedang membuat perumusan tentang penerapan prokes dalam perlombaan, dan atas arahan dari PB. ISSI kami akan mengadopsi penerapan BUBLE SYSTEM, dimana skenario untuk panitia, atlet, dan official akan dibatasi pergerakannya dan rutin melakukan swab test setiap masuk dan keluar dari
    area hotel,” kata Agus.

    Untuk memenuhi perizinan kegiatan, Agus mengatakan jika pihaknya sedang berkoordinasi dengan satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Garut terkait permohonan rekomendasi kegiatan dan akan menyampaikan hasil rekomendasi kepada Polres Garut dan Polda Jabar hingga izin kegiatan diterbitkan Mabes Polri. Selain itu, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Daerah dan berencana akan menggelar rapat koordinasi bersama Bupati dan Dinas terkait untuk membahas beberapa point.

    “Dalam rapat tersebut nanti akan dibahas terkait titik perbaikan jalan kabupaten di Garut untuk nomor Road dan ITT termasuk mengkomunikasikan kepada Gubernur Jawa Barat untuk Jalan Provinsi yang akan digunakan sebagai rute lomba untuk sama-sama diperbaiki,” kata dia.

    fokusjabar.id ICF National Championship
    Area di Makorem 062/TN yang diusulkan sebagai lokasi BMX Freestyle pada kejurnas balap sepeda ‘ICF National Championship 2021’. (FOTO: Istimewa)

    Sedangkan untuk venue nomor BMX freestyle direncanakan akan digelar di area Babancong Alun- alun Garut sekaligus menjadi venue sport tourism. Dan untuk nomor criterium akan dilaksanakan di lingkungan jalan Pemkab Garut.

    “Untuk nomor DH dan XCO, XCE, XCR dan ENDURO dilaksanakan di Leles Garut. Sedangkan untuk keamanan kegiatan, kami bekerja sama dengan Polres Garut, Polresta Cimahi bekerja sama dengan Dishub dan Satpol PP serta Satgas Covid-19. Termasuk dengan pihak TNI,” Agus menegaskan.

    Danrem 062/Tarumanagara, Kolonel Inf Muhamad Muchidin menyambut baik kedatangan jajaran pengurus ISSI Jabar serta panitia pelaksana ‘ICF National Championship 2021’. Untuk penerapan prokes, pihaknya pun siap menjadikan Makorem 062/Tarumanagara di Jalan Bratayuda No.65, Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, sebagai lokasi untuk pertandingan nomor BMX Freestyle.

    “Jadi kalau berkenan demi prokes, untuk disiplin BMX Freestyle bisa dilaksanakn di Makorem. Akses ke rumah sakit bisa ditempuh hanya dalam waktu lima menit dan area tertutup, tidak terbuka untuk umum sehingga bisa menghindari kerumunan massa,” kara Muchidin.

    Hal senada juga diungkapkan Kapolda Jabar Irjen (Pol) Ahmad Dofiri saat beraudiensi jajaran pengurus ISSI Jabar serta panitia pelaksana ‘ICF National Championship 2021’ di tempat dan waktu berbeda. Dalam arahannya, Kapolda Jabar meminta penerapan aturan prokes yang ketat.

    “Perketat prokes, tidak hanya pada saat kegiatan tapi juga sejak dari sekarang. Apalagi dengan kondisi kasua Covid-19 yang saat ini meningkat,” kata Kapolda.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img