spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    5 Jenis Vitamin untuk Penderita Covid-19 yang Wajib Dikonsumsi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketika anda terjangkit Covid-19, tentunya kebutuhan akan nutrisi sangat penting untuk tubuh. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa cepat sembuh dan kembali beraktivitas.

    Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin dan mineral guna menangkat virus satu ini. Berikut ini jenis vitamin untuk penderita covid-19 yang wajib anda konsumsi.

    Berbagai Jenis Nutrisi Yang Anda Butuhkan Agar Cepat Sembuh

    1. Vitamin B Kompleks

    Jenis vitamin pertama yang dibutuhkan adalah vitamin B6 dan B12. Dengan mengonsumsi vitamin ini secara rutin akan membuat kondisi tubuh menjadi tetap prima. Oleh karena itu, anda perlu memastikan bahwa kebutuhan akan vitamin B kompleks ini tetap terpenuhi, terutama ketika sedang terjangkit virus satu ini.

    BACA JUGA: 3 Cara Isolasi Mandiri di Rumah Bagi Penderita Covid-19

    Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks tersebut dari suplemen maupun makanan sehari hari. Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin B kompleks, diantaranya adalah seperti daging sapi, kacang kacangan, sayuran hijau dan juga telur. Untuk itu, anda pun perlu memenuhi kebutuhan tersebut agar cepat sembuh.

    2. Vitamin D

    Jenis vitamin untuk penderita covid-19 selanjutnya yang wajib untuk dikonsumsi adalah vitamin D. Untuk vitamin satu ini merupakan nutrisi yang larut pada lemak. Selain itu, memiliki fungsi yang sangat penting bagi penderita covid 19 lantaran mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi vitamin satu ini juga akan meningkatkan jumlah dari sel darah putih yang ada di dalam tubuh. Sel tersebut tentu saja memiliki peranan yang penting di dalam pertahanan kekebalan. Vitamin D juga kerap kali disebut mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

    Dalam mengonsumsi vitamin satu ini, juga terdapat dosis yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, dalam tubuh manusia membutuhkan 1000 hingga 4000 IU setiap harinya. Sehingga jenis vitamin untuk penderita covid 19 ini memang harus anda konsumsi setiap hari secara rutin, agar mampu mempercepat proses penyembuhan.

    3. Curcumin

    Tidak hanya vitamin, tubuh juga membutuhkan curcumin yakni senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi. Senyawa satu ini umumnya akan anda temukan di dalam kunyit dan mampu meningkatkan imunitas pada tubuh. Selain itu, dalam pengobatan dari Tiongkok, senyawa curcumin juga memiliki fungsi sebagai antiseptik dan analgesik. Tentunya akan sangat bagus untuk tubuh.

    4. Zinc

    Kekurangan zinc juga bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hal ini nantinya akan menimbulkan resiko terjadinya infeksi maupun pneumonia yang semakin meningkat. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung zinc sekitar 40 mg dan tidak boleh berlebih. Sebab, jika anda mengonsumsi berlebihan akan mampu mengganggu fungsi penyerapan di dalam tubuh.

    5. Vitamin C

    Tidak dapat dipungkiri, jenis vitamin untuk penderita covid 19 yang paling dibutuhkan adalah vitamin C. Hal ini dikarenakan dalam vitamin ini terdapat kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mengurangi peradangan. Selain itu, juga mampu untuk memperbaiki sel yang ada di dalam tubuh sehingga mampu memulihkan kondisi penderita dengan cepat.

    5 Jenis Vitamin Untuk Penderita Covid 19 Yang Wajib Dikonsumsi

    Itulah beberapa jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh di masa pandemi. Ketika anda terjangkit covid-19, pastikan untuk memenuhi kebutuhan harian dengan kandungan dari vitamin tersebut.

    Hal ini dikarenakan nantinya akan mampu mempercepat proses penyembuhan. Pastikan pula anda memakai masker dan isolasi mandiri apabila telah terdeteksi menderita positif virus covid-19.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img