spot_img
Rabu 1 Desember 2021
spot_img
spot_img

Mengulik 4 Langkah Cara Cegah Nyeri Haid

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menstrual cramp atau kram yang terjadi karena siklus menstruasi (haid) bisa terjadi karena adanya reaksi kontraksi dan menegangnya rahim. Hal ini tak terlepas dari meningkatnya produksi prostagland pada tubuh.

Aktivitas alami inilah yang menjadi dalang munculnya rasa nyeri. Agar tidak terlalu sakit, berikut adalah cara mencegah nyeri haid yang bisa disiapkan jauh jauh hari.

Beragam Hal Yang Bisa Diupayakan untuk Mencegah Rasa Sakit saat Menstruasi:

1. Meningkatkan Suplemen Makanan

Dalam artikel yang ditulis oleh mayoclinic, disebutkan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berkaitan dengan gaya hidup. Dalam hal ini, lifestyle yang baik mencakup menambah asupan makanan tambahan untuk tubuh. Asupan yang dimaksud beberapa di antaranya adalah omega 3-fatty acid, vitamin B-6, B-1 Tiamin, vitamin E, dan magnesium.

Mengapa demikian? Dikatakan bahwa kandungan tersebut efektif dalam mengurangi terjadinya peradangan yang menjadi seluk beluk terjadinya nyeri mentruasi. Bahkan, Anda pun dianjurkan untuk mendapat asupan zat besi untuk mencegah risiko anemia selama menstruasi berlangsung. Semua asupan tambahan ini bisa Anda dapat dengan mudah.

BACA JUGA: 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Anda bisa mengonsumsi suplemen, air hangat, dan teh hangat sebelum serta saat masa menstruasi. Selain itu, cara mencegah nyeri mentruasi ini juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, gandum, salmon, sarden, teri, pisang, jeruk, kacang, alpukat, dan beberapa makanan sehat lainnya.

2. Berolahraga Secara Teratur

Selain asupan makanan sehat, Anda juga bisa imbangi gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga. Cara ini dinilai mampu mengendalikan nyeri PMS baik sebelum atau saat menstruasi. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan produksi endorfin pada tubuh yang berfungsi untuk meringankan rasa sakit.

Tidak hanya itu, senyawa kimia tersebut juga cocok untuk menstabilkan mood. Sehingga permasalahan seperti mood swing selama PMS bisa dihindarkan. Untuk aktivitasnya sendiri, Anda dapat melakukan olahraga aerobik ringan. Coba saja berjalan kaki, lari, jogging, atau bersepeda untuk olahraga rutin yang menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

3. Mengurangi Rasa Stres

Stres baik itu karena pekerjaan atau gaya hidup, dinilai dapat memperparah kondisi nyeri haid. Bahkan dituliskan di artikel medicinenet.com kalau kondisi ini mencakup stres psikologi dan gaya hidup. Cara mencegah nyeri haid ini berfokus pada mengurangi rasa stres yang dialami baik sebelum atau saat masa menstruasi. Pasalnya efek stres dapat berdampak pada banyak hal.

4. Menghindari Asupan Manis, Asin dan Kafein

 

haid fokusjabar.id
(foto web)

Hal terakhir yang bisa Anda pertimbangkan dan coba adalah menghindari atau mengurangi asupan makanan manis dan asin. Anda juga bisa membatasi konsumsi minuman dengan kadar kafein tinggi. Jika dirinci dengan baik, kadar kafein (dalam kopi, teh, coklat, dan soda) berkaitan dengan risiko memperparah mood swing dan rasa cepat marah.

Sedangkan kandungan gula dapat mengacaukan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga membuat mood swing semakin parah. Sedangkan kandungan asin bisa membuat perut menjadi lebih kembung, menyebabkan dehidrasi, dan rasa sakit kepala. Kombinasi ketiga kadar yang berlebihan akan membuat nyeri semakin parah.

Untuk itu cara mencegah nyeri haid yang bisa dilakukan adalah mulai mengurangi atau hindari makanan tersebut saat mendekati hari H. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak mengkonsumsinya sama sekali. Pastikan saja semua asupan makanan dalam kadar normal. Jangan lupa untuk biasakan makan secara teratur untuk menghindari peningkatan gula darah.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko rasa nyeri haid. Meski hal ini tidak bisa 100% dicegah, namun Anda dapat mengurangi atau menghambat produksi prostaglandin untuk mengurangi efek kontraksi rahim. Cara ini tak terlepas dari gaya hidup sehat yang mencakup asupan suplemen sehat, olahraga, dan stress.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img