spot_img
Jumat 11 Juni 2021
spot_img
spot_img

Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Kompak Kenakan Koko Hitam di Sumedang

SUMEDANG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jabar Ridwan Kamil bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam undangan yang digelar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Jumat (11/6/2021).

Pertemuan dua yang orang yang digadang-dagang sebagai calon presiden ini diawali dengan mengikuti salat berjamaah di Masjid Agung Sumedang bersama Dony serta Sekda Sumedang Herman Suryatan, keduanya terlihat mengenakan baju koko warna hitam dengan motif yang berbeda.

Setelah itu kemudian keduanya melepaskan diri dari rombongan untuk sarapan kuliner khas Sumedang. Di rumah makan tahu Sumedang “ Palasari” hanya berdua mereka menyantap tahu sumedang, lontong dan teh botol. Keduanya tertangkap kamera berbincang serius.

Momen kedekatan di tengah mulai hangatnya peta Pilpres 2024 ini menegaskan pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya yang menyebut hubungan personal dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sangat terjaga dengan baik sejak lama.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Sebut Telemedicine Dapat Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Ridwan Kamil menyebut hubungan antara dirinya dan Anies sangat baik. Keduanya sudah terbiasa saling mengapresiasi kinerja masing-masing. Namun memang jarang terekspos.

“Entah kenapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir selalu ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal sebelumnya juga sama. Kita WA-an. Pak anies ulang tahun saya posting,” katanya

Dia juga mengatakan, dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dirinya main, saling mengapresiasi itu merupakan hal yang baik komunikasi antar kepala daerah.

“Dari pada diam atau saling mengkritisi tanpa kejelasan. Budaya saling menguatkan sesama pemimpin harus dibangun,” kata dia.

Menurutnya, budaya saling menguatkan antar pemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologis saat ini cenderung mudah bertengkar.

Di sisi lain, banyak kepala daerah, khususnya gubernur, seperti Anies maupun Ganjar datang satu generasi yang sama dengan dirinya. Ini diakui berpengaruh pada hubungan komunikasi yang mudah terjalin.

“Kami datang sama sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama ngurus daerah, sama sama gubernur, 50 persen pak anies, 50 persen pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau,” kata Ridwan Kamil.

Berkaitan dengan Pilpres 2024, ia mendoakan siapapun yang dipercaya maju dan terpilih agar bisa melaksanakan amanah dengan baik.

“Saya mendoakan siapapun yang ditakdirkan mendapatkan sebuah amanah di masa depan, saya akan bahagia sekali karena datang dari generasi yang sama,” kata dia.

Sebelumnya Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saling mengucapkan selamat di kolom komentar unggahan akun Instagram @ridwankamil. Walaupun hanya saling mengucap selamat, hal ini ditanggapi oleh para netizen sebagai harapan untuk bisa berpasangan pada Pilpres 2024.

Dalam postingan tersebut, Ridwan Kamil menyatakan Jawa Barat tengah bersyukur karena meraih penghargaan tertinggi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI. Opini atas laporan keuangan daerah tersebut merupakan yang ke-10 kali, secara berturut-turut untuk Jawa Barat.

Di kolom komentar, Anies Baswedan melalui akun @aniesbaswedan, kemudian mengucapkan selamat, “Selamat, Kang!”. Walaupun singkat, komentar ini mendapat 1.284 likes dan ratusan komentar lanjutan dari netizen.

Ridwan Kamil kemudian mengucapkan hal serupa kepada Anies Baswedan karena DKI Jakarta telah mendapat 4 kali WTP. “@aniesbaswedan selamat juga untuk DKI mas Anies. Mari saling menguatkan.”

(Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img