spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Ini Loh 3 Penyebab Skoliosis Pada Balita yang Perlu Anda Tahu

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit skoliosis adalah suatu kondisi dimana tulang belakang memiliki lekuk yang tidak normal. Bahkan derajat kurva dari lekukannya pun akan terlihat berbeda dan berlebihan.

    Kondisi satu ini ternyata tak hanya dialami oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak anak. Lantas apa yang menjadi penyebab pada balita? Simak ulasannya berikut ini.

    1. Terjadinya Cedera atau Infeksi Pada Tulang Belakang

    Salah satu penyebabnya  adalah dikarenakan infeksi pada tulang bagian belakang. Sehingga, penyakit satu ini tidak selalu terjadi akibat cacat bawaan dari lahir saja. Melainkan, penyakit satu ini juga bisa terjadi lantaran beberapa hal maupun faktor yang lain.

    skoliosis fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Diantaranya adalah disebabkan oleh kecelakaan. Hal ini dikarenakan balita merupakan salah satu usia yang masih aktif bergerak. Oleh karena itu, sangat mungkin terjadi kecelakaan yang mengakibatkan cedera pada bagian tulang belakang. Ketika hal tersebut terjadi, maka hal ini akan membuat pertumbuhan pada tulang belakang mengalami keterlambatan.

    BACA JUGA: 5 Cara Atasi Telinga Tersumbat Karena Flu, Cari Tahu di Sini

    Dengan adanya kondisi tersebut dapat menjadi salah satu penyebab Skoliosis pada Balita. Untuk itu, apabila anak mengalami kecelakaan atau terjatuh, sebagai orang tua sebaiknya anda segera memeriksakan keadaannya dan tidak menganggap remeh. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut dapat menjadi masalah apabila tidak ditangani dengan benar. Sebaiknya, anda segera melakukan penanganan apabila mendapati hal tersebut.

    2. Adanya Penyakit Pada Saraf Dan Otot

    Hal lain yang bisa penyebabnya adalah adanya kelainan pada saraf dan otot. Hal ini dikarenakan penyakit tersebut dapat menjadi salah satu hal yang terjadi pada balita, salah satunya seperti cerebral palsy. Penyakit kelainan ini juga menimbulkan masalah pada tulang belakang si kecil.

    Tak hanya itu saja, selain mengalami kelainan pada susunan tulang otot, perkembangan yang terhenti pada bagian otot tulang belakang juga menjadi salah satu penyebab pada balita.

    Jenis skoliosis yang disebabkan oleh penyakit kelainan ini, umumnya akan berkembang dalam waktu yang lebih cepat.

    3. Mengalami Cacat Bawaan

    Tak Hanya Cacat Bawaan, Berikut 3 Penyebab Skoliosis Pada Balita yang Perlu Anda Tahu

    Penyakit Skoliosis yang diderita oleh balita atau anak anak ini memang ada yang dibawa sejak lahir. Pada kondisi satu ini, balita nantinya akan memiliki pertumbuhan tulang belakang yang tidak sempurna, bahkan hal ini dapat terjadi di beberapa titik bagian tulang belakang si kecil.

    Kondisi yang tidak normal tersebut tentu saja akan menyebabkan tulang belaakang mengalami pertumbuhan yang tidak sempurna. Bisa dikatakan jika lekukannya akan cenderung lebih miring dari ukuran derajat curva balita yang normal. Hal ini tak lain dikarenakan sesuatu hal atau kondisi yang mempengaruhinya.

    Salah satunya adalah beberapa bagian dari tulang belakang yang mengalami perkembangan lebih lambat dibandingkan dengan bagian lain. Oleh karena itu, perlu orang tua perhatikan sejak dini. Hal ini dikarenakan ketika anda mengetahuinya sejak awal, maka anda pun bisa memberikan perawatan yang baik dan maksimal untuk menunjang kesembuhan dan pertumbuhan tulang belakang yang normal.

    Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penyakit ini dialami oleh balita. Sebagai orang tua sebaiknya anda lebih paham dan peduli pada tumbuh kembang si kecil.

    Apabila anda mendapati masalah serius di bagian tulang belakangnya, maka anda pun tidak boleh menyepelekannya begitu saja. sebaiknya anda segera membawanya ke dokter ataupun rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan dan kesembuhan lebih lanjut.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img