spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    5 Cara Atasi Telinga Tersumbat Karena Flu, Cari Tahu di Sini

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketika anda sedang terserang flu, tentunya tak hanya gejala seperti pilek yang anda rasakan. Sebab, kondisi kesehatan satu ini juga akan mempengaruhi kinerja pada telinga. Salah satunya telinga mengalami penyumbatan.

    Untuk itu, dalam artikel kali ini akan diulas tentang bagaimana cara atasi telinga tersumbat yang terjadi karena flu. Simak ulasan selengkapnya.

    Tips Untuk Mengatasi Telinga Tersumbat Karena Flu

    1. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

    Salah satu cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat telinga tersumbat yang dikarenakan oleh flu adalah dengan beristirahat. Ketika anda memiliki waktu istirahat yang cukup, hal ini akan berperan sangat penting di dalam proses pemulihan. Oleh karenanya, dengan mempunyai waktu istirahat yang terbilang cukup, tubuh akan mampu melawan infeksi dan flu yang terjadi.

    BACA JUGA: Apa Kabar Program Petani Milenial Jabar?

    Sehingga ketika flu telah sembuh, maka secara otomatis rasa tidak nyaman yang terjadi akibat telinga yang tersumbat juga akan cepat hilang. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan waktu istirahat dengan cukup ketika sedang dilanda flu. Sebab, ketika flu terdapat faktor lain yang juga ikut terdampak, telinga tersumbat salah satunya.

    2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

    Ketika anda sedang dilanda flu sekaligus telinga yang mengalami penyumbatan, salah satu cara atasi telinga tersumbat adalah dengan cukup minum. Ketika anda minum air putih secara cukup, hal ini akan membantu tubuh anda untuk tetap terhidrasi. Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi air putih juga akan membuat lendir penyumbat telinga menjadi encer.

    3. Bersihkan Hidung

    Apabila flu yang anda derita tidak kunjung sembuh, maka hal tersebut akan mampu menyebabkan sinusitis. Ketika anda mengalami kondisi tersebut, tentu saja hal ini akan membuat sakit telinga menjadi lebih parah. Salah satu cara yang bisa anda coba untuk atasi sakit telinga akibat sinus dan flu adalah rutin membersihkan hidung.

    Disini, anda bisa menggunakan larutan saline khusus untuk membersihkan lubang hidung. Dengan memiliki hidung yang bersih dari cairan dan lendir, akan membantu untuk membuat telinga menjadi tidak tersumbat. Hal ini tentu saja akan membuat rasa sakit pada telinga anda menjadi berangsur angsur cepat terobati.

    4. Perbaiki Posisi Tidur

    Cara atasi telinga tersumbat karena flu juga bisa anda lakukan dengan memperbaiki posisi tidur. Apabila hanya terdapat satu telinga saja yang tersumbat, anda pun bisa dengan tidur secara miring. Posisikan tubuh anda pada telinga yang tidak tersumbat. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi tekanan yang terjadi akibat telinga yang mengalami penyumbatan.

    5 Cara Atasi Telinga Tersumbat Karena Flu, Cari Tahu Disini!

    Selain itu, anda sebaiknya menggunakan dua bantal ketika sedang tidur. Sebab, posisi satu ini akan berfungsi untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada telinga tersumbat. Akan tetapi, anda juga perlu menyesuaikannya dengan kondisi tubuh anda. Jangan sampai posisi satu ini membuat leher menjadi lebih tegang.

    5. Mengompres Dengan Air Hangat

    Ada pula metode lain yang bisa anda coba sebagai cara atasi hidung tersumbat. Disini, anda bisa mengompresnya dengan menggunakan kain hangat di telinga. Hal ini akan membantu anda untuk membuat lendir menjadi lebih encer dan membuka saluran tuba eustachius. Bahkan cara ini pun dianggap cukup efektif dan sekaligus memberi efek yang menenangkan.

    Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah telinga yang tersumbat. Telinga yang mengalami penyumbatan akan terasa tidak nyaman dan terkadang sakit. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk mengatasinya secara tepat agar nantinya kondisi anda menjadi lebih cepat untuk pulih.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img