spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Ketua DPRD Jabar: Pancasila Harus Diamalkan dalam Kehidupan Bernegara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Taufik Hidayat berharap seluruh masyarakat bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Taufik menanggapi momen kelahiran Pancasila 1 Juni di Bandung, Selasa (1/6/2021).

    “Saya kira semuanya sudah hafal Pancasila, tetapi yang paling penting adalah mau melaksanakan Sila 1 hingga 5. Kalau itu dilaksanakan In Sya Allah negara kita makmur,” kata Taufik.

    Taufik menilai bahwa Pancasila tidak hanya sekedar lambang negara, lebih dari itu harus dijadikan pedoman dalam kehidupan bernegara.Pancasila, kata dia, bisa dilaksanakan semua lapisan masyarakat, termasuk Jabar.

    BACA JUGA:DPRD Jabar Ajak Milenial Tumbuhkan Nilai Pancasila

    Untuk diketahui, istilah Pancasila mulai diperkenalkan di sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di mana sidang pertama BPUPKI berlangsung pada 29 Mei hingga 1 Juni tahun 1945. Kemudian, Pancasila ditetapkan ditetapkan sebagai dasar negara dan ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

    Di momen hari kelahiran Pancasila ini, dia berharap semua masyarakat tetap sehat, pandemi Covid-19 segera berakhir, dan pemulihan ekonomi mampu memberikan dampak positif.

    Dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila, DPRD Jabar pun menggelar lomba podcast dan monolog tingkat SMA/sederajat dengan tema ‘Kelahiran Pancasila’.

    “Festival ini menandakan begitu pentingnya Pancasila dan wawasan kebangsaan,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img