spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    Kenali 5 Penyebab Sembelit yang Perlu Anda Ketahui

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sembelit adalah salah satu kondisi dimana frekuensi untuk buang air besar mengalami pengurangan. Setiap orang, tentunya memiliki jadwal buang air besar yang berbeda beda. Akan tetapi, apabila anda mengalami frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, dapat dikatakan anda mengalami konstipasi. Lalu, apa penyebab sembelit? Simak ulasannya berikut ini.

    Hal yang Menyebabkan Susah Buang Air Besar

    1. Terlalu Sering Menunda Buang Air Besar

    Kondisi pertama yang menyebabkan susah buang air besar adalah terlalu sering menunda buang air besar. Terkadang, baik orang dewasa maupun anak anak memiliki sifat enggan untuk buang air besar. Akan tetapi, dengan menunda buang air besar hal tersebut akan membuat anda menjadi sembelit.

    2. Hamil

    Kehamilan ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan konstipasi. Hal ini dikarenakan sekitar 40 persen dari wanita hamil akan mengalami konstipasi atau susah buang air besar dalam masa kehamilan. Umumnya, kondisi ini terjadi pada periode awal awal masa kehamilan.

    Susah buang air besar yang dialami ibu hamil ini dikarenakan tubuh banyak memproduksi hormon progesteron. Sehingga hormon tersebut memiliki efek yakni mampu untuk membuat otot menjadi mengendur. Tentu saja, hal ini akan membuat otot pada usus menjadi sulit untuk berkontraksi. Dengan begitu, ibu hamil akan mengalami susah untuk buang air besar.

    3. Efek Samping Dari Obat Obatan

    Kenali 5 Penyebab Sembelit yang Perlu Anda Ketahui

    Penyebab sembelit lainnya yang kerap kali dialami dikarenakan mengonsumsi obat obatan tertentu. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi obat obatan akan mampu menimbulkan efek samping yakni susah untuk buang air besar. Umumnya, obat obatan tersebut akan meliputi yakni suplemen zat besi, suplemen kalsium hingga obat obatan yang lain.

    BACA JUGA: Ini Dia 5 Cara Atasi Sembelit Secara Alami

    Sebut saja seperti obat obatan diuretik, obat pereda nyeri, antidepresan, anti epilepsi hingga antipsikotik. Tak hanya itu saja, ketika anda mengonsumsi obat obatan yang memiliki fungsi untuk meredakan gangguan pencernaan, yakni antasida dan antidiare, maka hal ini juga mampu untuk menimbulkan terjadinya konstipasi.

    4. Gaya Hidup

    Hal lain yang bisa menyebabkan susah buang air besar adalah pengaruh gaya hidup yang tidak sehat. Apabila anda memiliki pola makan yang buruk, seperti kekurangan cairan dan serat, maka hal tersebut akan menjadi salah satu penyebab sembelit. Tak hanya itu saja, ketika anda banyak mengonsumsi produk produk olahan yang terbuat dari susu, hal ini juga menjadi salah satu penyebabnya.

    Bagi anda yang memiliki gangguan makan, maka hal ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa anda susah untuk buang air besar. Bahkan bagi anda yang tergolong malas bergerak atau jarang melakukan olahraga, hal tersebut ternyata juga bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan seseorang kesulitan buang air besar.

    5. Faktor Psikologis

    Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab sembelit. Diantaranya adalah faktor faktor psikologis. Hal ini dikarenakan sulitnya buang air besar juga akan terjadi pada anda yang mempunyai masalah kecemasan, stres, trauma akan kekerasan, depresi bahkan hingga pelecehan seksual.

    Oleh karena itu, untuk menghindari hal hal yang menyebabkan susah buang air besar, anda harus memiliki pola hidup yang baik. Mulai dari rajin berolahraga secara rutin, mengonsumsi air putih yang cukup, makan makanan yang mengandung serat tinggi dan juga berbagai macam hal lain yang mampu mencegah terjadinya susah buang air besar. Sebab, meskipun kondisi ini tidak parah, namun akan membuat anda menjadi tidak nyaman.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img