spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini Dia 5 Cara Atasi Sembelit Secara Alami

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sembelit atau susah buang air besar adalah kondisi yang kerap kali terjadi pada sebagian orang. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan serat atau air putih di dalam tubuh. Sehingga menyebabkan seseorang cenderung buang air besar kurang dari 3 kali dalam waktu seminggu. Namun, ada beberapa cara atasi sembelit yang bisa anda lakukan menggunakan cara alami.

    Tips Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami

    1. Perbanyak Olahraga

    Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk melancarkan pencernaan dari sembelit adalah dengan memperbanyak aktivitas fisik atau melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, akan membantu untuk meningkatkan pergerakan otot yang terdapat di usus.

    BACA JUGA: PWI Peduli Sampaikan Bantuan bagi Nenek Sunirah

    Selain itu, dengan olahraga yang rutin juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Sehingga, penting bagi anda untuk melakukan olahraga setiap harinya. Disini, anda bisa melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki dengan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Hal ini akan bertujuan untuk melancarkan pencernaan anda.

    2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

    Tak Hanya Konsumsi Air Putih, Berikut 5 Cara Atasi Sembelit Secara Alami

    Cara atasi sembelit lainnya yang bisa anda coba adalah mengonsumsi air putih yang lebih banyak atau cukup. Sebab, ketika anda kurang mengonsumsi air putih akan mampu membuat kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan menjadi keras. Hal ini menimbulkan anda susah untuk buang air besar.

    Salah satu cara mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan mengonsumsi air putih. Setidaknya, tubuh membutuhkan minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi air putih yang cukup akan mencegah anda dari dehidrasi. Untuk itu, pastikan konsumsi air putih anda tercukupi.

    3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat

    Konsumsi makanan yang mengandung serat juga bisa menjadi salah satu cara atasi sembelit yang bisa dicoba. Hal ini dikarenakan asupan serat yang ada di dalam tubuh akan membantu untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan begitu, tekstur kotoran pun tidak menjadi keras dan memudahkan untuk keluar dari usus.

    Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi antara lain seperti buah, sayur, biji bijian dan juga kacang kacangan. Tak hanya itu saja, anda juga perlu untuk menghindari makanan dan minuman yang memiliki kandungan gas yang tinggi. Diantaranya seperti makanan berlemak, minuman bersoda dan juga sayuran tertentu seperti kol dan lobak yang akan membuat perut lebih kembung.

    4. Konsumsi Kafein

    Kafein ternyata memiliki kandungan yang mampu untuk merangsang otot yang ada di dalam sistem pencernaan. Sehingga nantinya bisa berkontraksi dan melancarkan buang air besar.

    Namun, lebih baik anda tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan. Cukup hanya dengan 1 gelas saja dan tetap perbanyak minum air putih.

    5. Tidak Menahan Buang Air Besar

    Salah satu cara atasi sembelit adalah dengan tidak menahan buang air besar. Hal ini dikarenakan dengan menunda nunda buang air besar akan membuat kotoran menjadi semakin keras dan nantinya akan sulit untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, sebaiknya anda rutin untuk buang air besar setiap harinya.

    Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk melancarkan buang air besar. Sembelit memang bukanlah kondisi yang penyakit yang parah. Akan tetapi, apabila terjadi dalam kurun waktu terus menerus, tentunya akan tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai rutin melakukan buang air besar setiap harinya dengan mengonsumsi makanan berserat dan air putih.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img