spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Pangdam III/Siliwangi Optimis NPCI Jabar Raih Juara Peparnas XVI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rasa optimis diungkapkan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat mengunjungi lokasi sentralisasi atlet Pelatda NPCI Jawa Barat di Arion Swiss-bell Hotel, Jalan Oto Iskandardinata, Kota Bandung, Selasa (25/5/2021) malam. Sebagai pembina NPCI Jabar, Pangdam mengaku bangga dengan kerja keras para atlet dalam persiapan menghadapi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/Papua tahun 2021.

    Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, persiapan atlet menghadapi ajang Peparnas XVI di Papua sudah sangat bagus. Bahkan semangat atlet dalam berlatih pun sangat luar biasa.

    “Para atlet ini berlatih terus setiap hari tanpa kenal lelah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini sangat luar biasa, semangatnya luar biasa,” kata Pangdam.

    fokusjabar.id pangdam iii/siliwangi NPCI Jabar
    Kunjungan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto ke lokasi sentralisasi Pelatda NPCI Jabardalam persiapan menghadapi Peparnas XVI. (FOTO: Istimewa)

    Pihaknya pun akan terus melakukan monitoring pelaksanaan latihan atlet NPCI Jabar sebagai upaya mendukung pencapaian target juara umum Peparnas XVI. Bahkan beberapa sarana prasarana milik KODAM III/Siliwangi pun digunakan sebagai tempat berlatih pada atlet.

    “Kita optimis, apa yang kita harapkan dengan memenangkan Peparnas XVI di Papua ini bisa tercapai. Kita dan masyarakat Jabar akan terus mendoakan. Untuk para atlet, terus semangat berlatih, berlatih, dan berlatih untuk memeproleh kemenangan,” Pangdam menegaskan.

    BACA JUGA: Ini Pesan Kadispora bagi Atlet dan Pelatih Pelatda PON XX Jabar

    Optimisme pun disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Engkus Sutisna. Persiapan panjang sudah digelar NPCI Jabar untuk menghadapi Peparnas XVI di Papua.

    “Saat ini, tantangan utamanya yakni rasa bosan dan jenuh atlet karena latihan. Untuk itu, mental dan semangat atlet ini harus terus dijaga. Termasuk dari sisi kesehatan dalam kondisi pandemi saat ini,” kata Engkus.

    Engkus mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan terus memberikan dukungan bagi NPCI Jabar untuk mencapai target meraih juara umum Peparnas XVI. Salah satunya dari sisi anggaran dengan penyaluran dana hibah sebesar Rp50 milyar.

    “Itu sudah kita perhitungkan untuk kebutuhan NPCI Jabar dan untuk perubahan, kita akan lihat nanti. Tapi terlepas dari itu, Alhamdulillah, NPCI telah mampu menggandeng pihak swasta dan itulah yang diharapkan Pak Gubernur yakni inovasi dan kolaborasi dalam mencapai target Jabar Juara,” Engkus menegaskan.

    fokusjabar.id pangdam iii/siliwangi NPCI Jabar
    Kunjungan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto ke lokasi sentralisasi Pelatda NPCI Jabardalam persiapan menghadapi Peparnas XVI. (FOTO: Istimewa)

    Sementara Ketua Umum NPCI Jabar, Supriyatna Gumilar mengucapkan terimakasih atas kedatangan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto untuk bertatap muka dan menyampaikan motivasi bagi para atlet. Hal ini tentunya akan menambah semangat dan motivasi atlet, baik saat berlatih maupun saat berlaga nanti di ajang Peparnas XVI.

    “Kehadiran Bapak Pangdam selaku pembina menjadi modal dan motivasi kuat bagi atlet. ‘Darah’ TNI akan tersalurkan dan mengalir dalam semangat juang atlet, ini akan sangat berpengaruh kepada atlet,” kata Supriyatna.

    Hingga saat ini, kata Supriyatna, pelaksanaan sentralisasi Pelatda Peparnas XVI Jabar sudah berjalan hampir satu tahun. Komposisi atlet sendiri masih promosi degradasi sebagai ajang kompetisi diantara para atlet disabilitas di Jabar.

    “Pada bulan Juni, akan kita gelar seleksi akhir sehingga akan terbentuk komposisi tim inti di bulan Juli dan rencananya akan dikukuhkan langsung oleh Pak Gubernur. Untuk jumlah atlet, minimal 200 orang dan jumlah itu bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan kebutuhan. Kalau jumlah kontingen yakni atlet, pelatih, hingga ofisial, minimal 350 orang,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img