spot_img
Senin 21 Juni 2021
spot_img
spot_img

Wasit FIFA Akan Pimpin Laga Final Piala Menpora 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Laga final Piala Menpora 2021 yang mempertemukan Persija Jakarta kontra Persib Bandung, akan dipimpin wasit berlisensi FIFA. Baik di leg pertama yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) malam WIB, maupun leg kedua di Stadion Manahon, Solo, Minggu (25/4/2021) malam WIB.

Kepastian tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada Rabu (21/4/2021). “Iya pasti, itu (wasit) yang turun di final Piala Menpora 2021 nanti pasti wasit yang memiliki lisensi FIFA, di dua leg final semua pasti wasit lisensi FIFA,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Kehadiran seorang pengadil yang berkualitas di laga sepakbola Indonesia, menjadi hal yang sangat dinantikan masyarakat Indonesia. Terutama di gelaran Piala Menpora 2021 yang menjadi laga uji coba pelaksanaan turnamen sepekbola di Tanah Air, baik Liga 1 maupun Liga 2.

“Jadi tidak hanya di laga final, di perebutan tempat ketiga pun kita turunkan wasit yang lisensi FIFA,” Iwan Bule menambahkan.

BACA JUGA: Ezra Walian Antusias Menatap Final Piala Menpora 2021 Hadapi Persija

Pada gelaran Piala Menpora 2021, beberapa keputusan wasit menjadi sorotan. Bahkan beberapa keputusan kontroversial pun kerap terjadi saat laga Piala Menpora 2021 berlangsung.

Namun Iwan Bule mengatakan jika hal itu wajar karena sudah lama tidak memimpin pertandingan. Dia menegaskan jika tidak ada unsur kesengajaan dari keputusan wasit yang dinilai kurang adil atau bahkan kontroversi tersebut.

“Wasit kita semua akomodir karena sudah lama nganggur, ada 74 wasit yang seharusnya 25 orang juga cukup. Satu tahun setengah tidak main, dengan fisik yang kurang dan sekarang pasti ada saja (kesalahan). Tapi saya lihat kemarin tidak ada unsur kesengajaan meski tetap akan kita dalami. Tidak enak juga kan kita melihatnya,” kata mantan Kapolda Jabar dan Metro Jaya itu.

Terkait rencana penggunaan video assistant referee (VAR) dalam pertandingan sepakbola di Indonesia, Iwan Bule mengaku masih membutuhkan penambahan wasit berlisensi FIFA. Rencana penerapan VAR itu pun sudah mendapat dukungan Menpora, Zainudin Amali.

“Kita baru punya lima wasit (lisensi FIFA), rencana kita akan sekolahkan biar VAR bisa diterapkan di kita. Sekarang kita masih punya lima kurang tujuh, kan harus 12 wasit minimal yang memiliki lisensi FIFA untuk VAR,” kata dia.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki lima orang wasit berlisensi FIFA. Yakni Aprisman Aranda, Fariq Hitaba, Thoriq Alkatiri, Yudi Nurcahya, dan Dwi Purba Wicaksana.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img