spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Vaksinasi Covid-19 bagi Pelaku Wisata dan Seni Budaya Masih Sedikit

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Tantan Syurya Santana mengatakan, sebanyak 500 orang lebih pelaku wisata dan seni budaya akan menjalani vaksinasi Covid-19 di Sport Arcamanik, Jawa Barat. Sebelumnya, 94 orang sudah divaksinasi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

    “Pelaku wisata divaksin secara bertahap baru 94 orang dari seni, budaya dan ekonomi kreatif pada hari kemarin. Besok kerjasama dengan Grab di Arcamanik, kuota 500 orang. Banyak juga artis Bandung, penyanyi dan musisi,” kata Tantan di Taman Dewi Sartika Kota Bandung, Jabar, Kamis (18/3/2021).

    Menurutnya, vaksinasi terhadap pelaku wisata, seni dan budaya relatif masih sedikit karena kuota yang terbatas. Total jumlah pelaku wisata, seni dan budaya yang telah mendaftar untuk divaksin kurang lebih sebanyak 10 ribu orang.

    “Kami berharap vaksinasi yang bekerjasama dengan organisasi dan lembaga lain agar melibatkan pelaku wisata, seni dan budaya. Agar seluruh pelaku wisata, seni dan budaya dapat kembali beraktivitas di masa pandemi Covid-19,” kata dia.

    BACA JUGA: Ini Cara Kapolres Banjar Apresiasi Anak-anak Taat Prokes

    Pihaknya mendorong para pelaku wisata, seni dan budaya kembali berkarya melalui kebijakan pelonggaran konser musik dan seni melalui Peraturan Wali Kota Bandung nomor 28 tahun 2021. Konser musik dan seni pun dapat dilaksanakan di ruangan terbuka maupun tertutup.

    “Mereka harus mengajukan (memohon) dulu, lalu simulasi dilihat bagaimana protokol kesehatan. Belum tentu disetujui, tergantung kesiapan sarana dan prasarana,” kata dia.

    Tantan menambahkan, pihaknya akan meninjau apabila permohonan sudah diajukan termasuk simulasi. Sejauh ini, belum terdapat pengelola gedung atau penyelenggara acara yang mengajukan konser.

    “Bisa komunitas mengajukan, EO atau pengelola gedung yang mengajukan disampaikan ke gugus tugas Kota Bandung. Nanti simulasi, apakah sesuai SOP,” kata Tantan.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img