spot_img
Jumat 11 Juni 2021
spot_img
spot_img

DJ Fishing Garut Racik 50 Umpan Oplosan Essen “Jitu”

GARUT,FOKUSJabar.id: Sejak tahun 80-an memancing ikan versi Galatama sudah dikenal para pemancing di Indonesia.

Selama dua dekade, Galatama semakin populer. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya dibangun tempat pemancingan dan outlet (toko) yang menjual peralatan dan pakan memancing berbagai jenis ikan.

Sebut salah satunya DJ Fishing Garut yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir No5 (depan Alun-alun Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut) Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Owner DJ Fishing Garut, Dede Jamaludin mengatakan, Dia menyediakan berbagai resep umpan (Essen). Essen itu sendiri merupakan cairan aroma makanan yang berfungsi untuk menguatkan aroma umpan atau pelet.

BACA JUGA: Komunitas Mancing Mania Garut Gelar Mancing Amal

Ikan memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Makanan aslinya terdapat di dalam buah-buahan yang jatuh ke air, renik-renik, ganggang, cacing dan ulat. Sementara bagi ikan yang dibesarkan di tambak, tentu saja terbiasa dengan aroma dari pakan pabrikan, seperti pelet.

dj fishing garut fokusjabar.id
Essen Oplosan DJ Fishing Garut (foto Bambang Fouristian)

Semua makanan alami tentunya mengeluarkan aroma khas yang dapat tercium ikan. Setelah dipindahkan ke kolam pancing, ikan tidak bisa menemukan makanan aslinya. Untuk gantinya, artificial bait (essen).

Essen umum digunakan pada adonan umpan untuk lomba-lomba mancing di kolam-kolam pemancingan galatama, harian dan kiloan.

“Soal umpan ikan memang wajib diperhatikan para pemancing. Karena ini adalah sesuatu yang akan memikat ikan yang akan kita tangkap,” kata pemilik DJ Fishing Garut, kepada FOKUSJabar, Sabtu (13/3/2021).

Ikan mas adalah ikan tangkapan favorit para pemancing karena ikan ini lezat rasanya dan bergizi tinggi serta relatif mudah ditangkap. Terlebih, jika Anda bisa meracik umpan jitu.

Menurutnya, DJ Fishing Garut menyediakan berbagai varian essen murni dan oplosan siap pakai untuk semua jenis ikan. Diantaranya, Aspal, Pisbol,   Nasional Ori, Nasional Merah, D30 Ori, D30 Merah, Bun H, Bun Blewah.

Jk 1, Jk 2, Jk 3, Ampera, Buterkukis, Nr, Ns, Sr, Susu Jahe, Njs, Bako, Markisa, Abl, Frambozen, Egvanila, D1 Kasia, RG, Jagung Kaweni, Sambalado, Salak Anggur, Salak Usar, Rempah-rempah, Kamper Salam, Red 13.

Geranium Lada Hitam, Bjb, Palcon, Chese,  D63 Pisang, Op Pisang, Duren Kemangi, Timun Mas, Nasional Susu, Moca Jahe, Fanta, Rainy, Japan, Kamper Ginseng, Op Jambu, Jambu Usar, Op Cengek dan Jambu Moca.

“Essen oplosan tersebut setelah melalui proses uji coba lapangan yang didukung berdasarkan testimoni para pembeli yang menjadi juara setelah menggunakannya,” sebut Dede Jamaludin.

Dede Jamaludin mengatakan, saat ini banyak para pemancing (pemula) meracik atau mengoplos sendiri dengan merogoh isi koceknya yang cukup besar untuk membeli berbagai macam jenis essen. Belum lagi tiket memancing untuk menguji hasil racikannya.

“Ketimbang buang-buang duit dengan hasil yang belum pasti, para mancing mania lebih baik memesan ke DJ Fishing Garut,” ujarnya.

Dede Jamaludin menambahkan, Dia menjual essen unggulan yang kerap menjuarai even-even besar.

“Essen oplosan tersebut saya racik sendiri melalui uji coba di sejumlah kolam pemancingan. Hasilnya, Alhamdulillah cukup memuaskan para konsumen,” kata Dede saat ditemui di rumahnya, Kampung Pabrik, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu.

dj fishing garut fokusjabar.id
Owner DJ Fishing Garut, Dede Jamaludin (Foto Bambang Fouristian)

Dia menggeluti oplosan eseen sejak tahun 2003 lalu. DJ Fishing memberikan “ bukti bukan janji.”  Dede juga selain menjual eceran juga secara grosir.

“Masalah harga tentunya bervariatif, tergantung essen yang dibutuhkan para pemancing,” ungkap Owner DJ Fishing Garut.

Sebelumnya DJ Fishing Garut juga memanfaatkan Pemilu 2019 dengan membuat tiga jenis oplosan essen yang diberi nama #2019GantiPresiden, #2019TetapJokowi dan #2019GantiMertua.

Ke-tiga label oplosan essen tersebut diracik dari puluhan aroma berkualitas original untuk memanjakan para pemancing yang tergabung dalam Ikatan Angler Nusantara (IKAN).

Para pemancing harus berusaha menemukan umpan paling tepat agar disambar ikan-ikan buruannya. Dengan begitu tidak pulang dengan tangan hampa.

“Mancing ikan itu tidak hanya butuh kesabaran, tapi juga skill dan tentunya umpan yang tepat,” kata Dede Jamaludin.

“Jika para pemancing membutuhkan essen bisa call di 081323835808. Alhamdulillah, pemancing dari Papua, Aceh, Sulawesi, Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Barat (Kalbar), Lampung, Palembang, Jambi, Surabaya, Jombang, Mojokerto dan sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat memesannya kepada Kami,” pungkas Owner DJ Fishing Garut. .

(Bambang Fouristian)

Artikel Lainnya

spot_img