spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Ini 10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Tanaman hias masih menjadi hobi favorit bagi masyarakat. Namun, Apakah anda tau Bahwa ada tanaman hias yang bisa mengahalau nyamuk?

    Sejumlah tanaman hias mengusir nyamuk secara alami dengan menggunakan wewangian yang khas.

    Berikuat 10 tanaman hias anti nyamuk.

    1. Lavender

    Ilustrasi. (web)

    Banyak produk berbahan dasar tanaman lavender yang digunakan sebagai pengusir nyamuk. Mungkin sebagian dari kita menyukai bau lavender, baik itu dari lotion atau obat nyamuk semprot.

    BACA JUGA: Alamak! Tanaman Hias Ini Laku Hingga Rp2 Milyar

    Sebaliknya, nyamuk justru tidak menyukai bau tanaman lavender. Oleh sebab itu lavender bisa Anda tanam atau ditaruh di pekrangan rumah maupun jendela rumah untuk mengusir nyamuk sekaligus menjadikannya sebagai hiasan.

    2. Bunga Tahi Ayam

    Ilustrasi. (web)

    Melansir CNN, Tanaman marigold atau bunga tahi ayam mungkin agak asing di telinga anda, namun tanaman ini sangat ampuh mengusir nyamuk karena memiliki bau yang khas.

    Marigold mengandung pyrethrum, senyawa yang digunakan dalam banyak penolak serangga. Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari dan tanah yang subur.

    3. Serai

    Ilustrasi. (web)

    Serai atau lebih dikenal dengan daun sereh adalah tumbuhan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

    Tetapi, Anda mesti tahu bahwa serai memiliki kandungan sitronela yang ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa menanamnya di pot yang diletakkan pada taman.

    4. Catnip

    Ilustrasi. (web)

    Catnip atau umumnya disebut tanaman kucingan sangat disukai atau dapat mengundang kucing dan kupu-kupu. Kucing suka menggosok dan berguling-guling di tanaman ini.

    Selain aman, catnip mengandung zat nepetalactone yang efektif untuk mengusir nyamuk dan serangga.

    5. Tanaman Selasih

    Ilustrasi. (web)

    Selasih atau basil merupakan tanaman yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar.

    Aroma tanaman daun basil cukup menyengat bagi para serangga, sehingga dapat mengusir komplotan nyamuk, lalat, dan kecoa.

    Jadi, Anda dapat menanamnya di dalam pot ukuran kecil atau sedang, dan tempatkan di halaman rumah maupun sudut dalam rumah untuk membantu mengendalikan populasi nyamuk.

    6. Geranium

    Ilustrasi. (web)

    Geranium adalah salah satu dari spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga Geraniaceae. Geranium memiliki aroma mirip-mirip lemon dan serai, yang membuatnya banyak diolah menjadi minyak untuk bahan wewangian, sabun, dan salep.

    Selain itu, aromanya yang kuat sangat tidak disukai nyamuk.

    Keuntungan lain menanam geranium adalah bunganya yang indah dan punya aneka warna seperti putih, merah muda, merah, dan ungu, sehingga cocok untuk dekorasi rumah.

    7. Peppermint

    Ilustrasi. (web)

    Tanaman yang tidak disukai nyamuk selanjutnya adalah peppermint. Aroma tanaman ini dapat mengusir nyamuk secara signifikan dibandingkan dengan aroma kimia yang menyengat.

    Tanaman yang tidak disukai nyamuk selanjutnya adalah peppermint. Aroma tanaman ini dapat mengusir nyamuk secara signifikan dibandingkan dengan aroma kimia yang menyengat.

    Selain itu, larutan minyak pepermint dapat membunuh larva nyamuk dalam waktu 24 jam setelah terkena larutan tersebut.

    8. Zodia

    Ilustrasi. (web)

    Dalam bahasa ilmiah, Zodia disebut Evodia suaveolens. Tanaman ini telah lama digunakan oleh masyarakat asli Papua sebagai pengusir serangga dan nyamuk.

    Tanaman zodia akan mengeluarkan aroma yang khas bila daun-daunnya saling bergesekan. Aroma yang keluar akibat pergesekan daun ini yang mampu mengusir nyamuk.

    Selain itu, masyarakat Papua juga menggosokkan daun ini ke seluruh tubuh agar harum wangi zodia dan mencegah digigit nyamuk.

    Zodia adalah tanaman endemik asal Papua, tetapi sekarang dibudidayakan sehingga kita sudah mulai menemukkannya di berbagai tempat.

    9. Kecombrang

    Ilustrasi. (web)

    Tanaman yang ampuh mengusir nyamuk selanjutnya adalah kecombrang atau kincung. Sama seperti tanaman pengusir nyamuk lainnya, kecombrang memiliki aroma yang dibenci nyamuk, khususnya nyamuk demam berdarah.

    Di daerah beriklim tropis, bunga kecombrang ini tumbuh sepanjang tahun. Selain digunakan juga sebagai lotion anti-nyamuk, kecombrang juga dimanfaatkan sebagai kreasi menu makanan Nusantara.

    10. Rosemary

     

    Ilustrasi. (web)

     

    Tanaman yang tidak disukai nyamuk yang terakhir adalah rosemary. Bisa juga mendekatkan rosemary ke api atau tungku agar aromanya keluar.

    Tanaman herbal beraroma kayu ini juga bisa menjadi tanaman hias yang menarik. Anda bisa memangkasnya menjadi segala macam bentuk sebagai dekorasi yang bagus.

    Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan rosemary sebagai penyedap masakan.

    (Agung)

     

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img