Sabtu 28 November 2020

Alamak! Tanaman Hias Ini Laku Hingga Rp2 Milyar

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mengoleksi dan memelihara tanaman hias menjadi hobi yang semakin digandrungi masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19, terutama saat menghabiskan banyak waktu luang di rumah. Hal tersebut membuatnya makin diburu banyak orang sehingga persediaannya makin sedikit dan langka.

Hal inilah yang membuat harga tanaman hias kian meroket. Harga beberapa jenis tanaman pun makin mahal karena sulit diperoleh dan dibudidayakan.

Salah satu jenis tanaman hias yang harganya sangat mahal saat ini di Indonesia adalah janda bolong jenis variegata. Keunikan warnanya membuat harga janda bolong variegata mencapai jutaan rupiah per helai daun.

Namun tidak hanya janda bolong. Ada juga beberapa jenis tanaman yang harganya mencapai jutaan hingga milyaran rupiah.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Janda Bolong, yang Harganya Fantastis

Dikutip Haibunda.com dari Backyard Boss, berikut lima tanaman hias termahal di dunia.

1. Variegated monstera deliciosa
Monstera variegata merupakan yang paling dicari di tahun 2020. Tak hanya diburu kalangan masyarakat biasa, para artis pun ikut meramaikan perburuan sehingga harganya cukup mahal.

Monstera variegata memiliki daun yang cukup unik dengan warga kombinasi hijau dan putih. Tak hanya keunikan daunnya, Monstera deliciosa pun cukup sulit dibudidayakan.

fokusjabar.id tanaman hias mahal dan langka
Variegated monstera deliciosa. (FOTO: WEB)

Meski banyak bentuk dan corak monstera deliciosa, namun jenis variegated lah yang lebih diminati.

Untuk onstera deliciosa jenis paling favorit adalah yang memiliki daun dengan kombinasi warna hijau dan putih. Untuk harganya bisa mencapai Rp11 juta.

2. Alocasia Azlanii
Tanaman ini mirip keladi dan berasal dari Malaysia. Alocasia azlanii juga dikenal dengan nama red mambo.

Alocasia azlanii memiliki daya tarik pada daunnya. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau tua dengan urat daun warna-warni seperti pink, ungu, dan merah.

fokusjabar.id tanaman hias mahal dan langka
Alocasia ‘Red Mambo’ Azlanii. (FOTO: WEB)

Meski demikian, Alocasia azlanii dengan daun berurat pink cerah sudah mulai mudah ditemui. Bukan tidak mungkin akan banyak yang menjual alocasia azlanii dengan urat daun berwarna pink ini.

Untuk saat ini, Alocasia azlanii masih jarang dijual tukang tanaman dan cukup sulit ditemukan. Dan harga tanaman hias jenis ini pun masih cukup mahal, yaitu mencapai Rp8 juta.

3. Variegated philodendron minima
Tanaman yang satu ini menjadi perbincangan para pehobi dan masyarakat beberapa waktu lalu. Pasalnya, philodendron minima jenis variegata disebut-sebut sebagai tanaman termahal yang pernah dijual di Trade Me.

Memiliki daun yang mengkilap dengan warna hijau muda, menjadi daya tarik Philodendron minima. Meski sebenarnya tanaman jenis ini biasa dijual dengan harga yang murah.

fokusjabar.id tanaman hias mahal dan langka
Variegated philodendron minima. (FOTO: WEB)

Namun, jenis variegata philodendron minima menjadi yang paling banyak dicari. Pasalnya, memiliki dua warna yang berbeda.

Philodendron minima variegata yang memiliki warna kuning dan hijau dijual dengan harga yang sangat mahal. Tanaman dengan 4 daun dijual dengan harga mencapai Rp119 juta.

4. Half moon philodendron pink princess
Sesuai namanya, tanaman ini memiliki warna pink dan sedang menjadi favorit akhir-akhir ini. Daun dari Philodendron pink princess ini memiliki warna pink.

Layaknya tanamah hias lainnya, Philodendron pink princess pun mengalami mutasi. Salah satunya yang memiliki daun yang berwarna setengah pink dan setengah hijau.

fokusjabar.id tanaman hias mahal dan langka
Half moon philodendron pink princess. (FOTO: WEB)

Saat ini Philodendron pink princess masih dijual dengan harga sangat mahal. Tanamah jenis ini dibanderol dengan harga Rp19 juta.

5. Shenzhen nongke orchid
Tanaman ini merupakan jenis anggrek. Yang membedakan, Shenzhen nongke orchid merupakan hasil dari percobaan yang dilakukan manusia. Dengan kata lain, bukan hasil dari proses alami.

Para ilmuwan membutuhkan waktu sampai 8 tahun untuk membuat bunga ini berhasil tumbuh. Namun, penantian selama satu windu ini pun tidak lah sia-sia.

fokusjabar.id tanaman hias mahal dan langka
Shenzhen nongke orchid menjadi tanamah hias termahal di dunia dan laku hingga Rp2 milyar. (FOTO: WEB)

Untuk melihat bunga dari tanaman jenis anggrek ini mekar pun membutuh waktu cukup lama. Hingga 4 sampai 5 tahun. Setelah tumbuh mekar, hasilnya sangat cantik dan memiliki aroma yang wangi.

Karena alasan-alasan tersebut lah, tanaman ini dijual dengan amat sangat mahal. Dalam ebuah pelelangan, Shenzhen nongke orchid dibeli seharga Rp2 milyar!!

Ini yang menjadikan shenzhen nongke orchid sebagai tanaman hias anggrek termahal di dunia.

BACA JUGA: Video Ade Londok Menghina Pemotor jadi Gunjingan Netizen

Sudah berminatkah Anda memelihara dan membudidaya tanaman-tanaman hias. Atau anda baru mulai berburu tanaman hias yang akan dipelihara dan dibudidaya.

Dan tidak ada salahnya ada memilih salah satu dari jenis tanaman hias yang langka diatas. Selamat berburu tanaman hias.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Ilmuan Nuklir Iran Dibunuh, Mantan Kepala CIA Geram

AMERIKA SERIKAT,FOKUSJabar.id: Mantan kepala Central Intelligence Agency (CIA) AS,...

Ini Dia Pemain Terbaik UEFA 2020, Lionel Messi Peringkat 4

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Nominasi pemain sepakbola terbaik Union of European Football Associations (UEFA) musim kompetisi 2019-2020 tidak lagi menjadi milik Lionel Messi, Neymar dan Cristiano Ronaldo....

OTT Wali Kota Cimahi, Ini yang Diamankan KPK

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sekitar 10 orang pada Operasi Tangkap Tangan (OTT) Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna pada Jumat (27/11/2020). Lembaga antirasuah...

Abaikan Prokes, Puluhan Warga Panumbangan Ciamis Kena Tegur

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 20 warga Panumbangan Ciamis kedapatan melanggar protokol kesehatan (Prokes) dalam operasi Yustisi yang digelar Polsek Panumbangan, Senin (23/11/2020). Kapolsek Panumbangan AKP T. Ruhiadi...

DKPP Catat 6400 Pelanggaran Pemilu sejak 2012

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menilai profesionalitas penyelenggara pemilu perlu lebih ditingkatkan. Hal itu menyusul masih tingginya pengaduan terkait profesionalitas penyelenggara Pemilu. “Sejak 2012...

Abaikan Prokes, Puluhan Warga Panumbangan Ciamis Kena Tegur

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 20 warga Panumbangan Ciamis kedapatan melanggar protokol kesehatan (Prokes) dalam operasi Yustisi yang digelar Polsek Panumbangan, Senin (23/11/2020). Kapolsek Panumbangan AKP T. Ruhiadi...

Di Masa Pandemi, Warga Ciamis Diberikan Keringanan Pajak

CIAMIS, FOKUSJabar. Id: Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis memberikan keringanan pembayaran pajak pada warganya di masa pandemi, Rabu (25/11/2020). Kepala BPKD Kabupaten Ciamis...