spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Sandiaga Uno dan Emil Bersepakat Kolaborasi untuk Pengembangan Wisata

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mentri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno temui Gubernur Jabar Ridwan Kamil menindaklanjuti Pembahasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).  

    Dalam pertemuan tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) siap berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Jabar untuk mengembangkan potensi pariwisata sebagai lokomotif ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

    Sandiaga Uno mengatakan, pertemuan tersebut membicarakan tentang kolaborasi dan aktivasi dari beberapa kegiatan dan capaian setelah pertemuan 19 Januari lalu.

    “Pertama, bahwa KEK pariwisata Lido telah diresmikan dan pembangunan movieland salah satu infrastruktur pertama telah dimulai,” kata Sandiaga Uno.

    BACA JUGA: Sandiaga Uno Beberkan Alasan Mau Jadi Menteri Jokowi

    Kemudian yang kedua kata Sandiaga Uno, tugas bersama untuk menambah jumlah lahan untuk dikelola petani milenial yaitu lahan di BUMN terutama yang bisa dikelola untuk menciptakan lebih dari 500 ribu lapangan kerja baru untuk anak muda.

    “Jadi itu langkah kolaborasi kita dan mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja dan memberikan kebangkitan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata dia.

    Sementara itu Ridwan Kamil (Emil) berharap, pertemuan tersebut bisa berlanjut dengan kerjasama dengan baik. Pasalnya, kedua belah pihak memiliki visi yang sama dalam upaya membangkitkan ekonomi melalui industri pariwisata.

    “Mudah-mudahan didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur, sampai berita KEK pariwisata pertama di Jabar sudah berhasil. Skala Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami mudah-mudahan setelah ini kolaborasi lebih mantap,” kata Emil.

    Kepala Dinas Pariwisata Jabar Dedi Taufik menjelaskan bahwa beberapa pembahasan antara Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno menyangkut program pariswisata tipe 1 sampai tipe 3. Setelah berhasil mendorong KEK di Lido, berikutnya adalah Cikidang.

    Minggu depan, pembahasan lanjutan dilakukan di Kota Bandung bersama para deputi mengenai pengembangan destinasi desa hingga destinasi lain untuk bisa naik kelas dengan dorongan Kemenparekraf kepada Kementerian PUPR.

    Dari sisi promosi, pemerintah pusat memiliki calendar of event pada tanggal 1 Maret. Sehari setelahnya, agenda milik Provinsi Jawa Barat. Sandiaga Uno sendiri mengaku akan datang dalam lima agenda.

    “Pak menteri akan menghadiri lima calendar of event yang digagas Pemprov Jabar. Ini juga kan upaya penting untuk meningkatkan pasar domestik,” kata dia.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img