spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Mengenal Baden Powell, Bapak Pandu Pramuka Dunia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau Baden Powell. Peringatan tersebut digelar untuk merayakan hari ulang tahun Bapak Pandu Dunia tersebut yakni 22 Februari 1857.

    Hari Baden Powell tahun ini merupan peringatan yang ke-164 tahun.

    Berikut 5 fakta menarik Hari Baden Powell tiap 22 Februari:

    1. Peringati hari lahir Baden Powell

    (foto web)

    Baden Powell dikenal sebagai seorang Bapak Pandu Dunia yang memimpin Pramuka sejak tahun 1920. Baden meninggal dunia pada 8 Januari 1941. Untuk memperingati hari lahirnya, masyarakat kemudian menetapkan 22 Februari sebagai Hari Bapak Pandu Dunia Baden Powell.

    2. Seorang tentara

    (foto web)

    Sebelum mendirikan gerakan kepanduan pramuka, Baden Powell sempat berprofesi sebagai tentara. Sepanjang karier militernya, ia sempat ditugaskan di sejumlah negara, seperti di India, hingga Afrika Selatan. Lebih lanjut, Baden Powell juga tercatat turut andil dalam mempertahankan kota Mafeking, Afrika, yang tengah mengalami Perang Boer.

    3. Tulis buku kepanduan

    (foto web)

    Selama menjadi tentara, Baden Powell sempat menulis buku kepanduan berjudul ‘Aids to Scouting’ atau ‘Bantuan untuk Kepanduan’. Tak disangka, buku tersebut rupanya banyak diminati oleh para guru. Agar mudah dipahami oleh kalangan anak muda, buku tersebut kemudian ditulis ulang oleh Baden Powell dengan judul baru yakni ‘Scouting for Boys’.

    BACA JUGA: Pasutri Susah Punya Anak, Ini 10 Penyebabnya

    4. Dirikan gerakan kepanduan

    Pada tahun 1907, Baden Powell pertama kali menggelar perkemahan. Saat itu, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 22 anak laki-laki. Dari sanalah kemudian mulai terbentuk gerakan kepanduan pramuka. Seiring berjalannya waktu, gerakan itu kemudian berganti nama menjadi ‘Boys Brigade’ atau brigade anak lelaki.

    5. Jadi Bapak Pandu Dunia

    (foto web)

    Gerakan kepanduan yang didirikan oleh Baden Powell semakin dikenal dunia. Pada tahun 1922, anggota Pramuka bahkan telah mencapai lebih dari 1 juta orang di 32 negara. Adapun Jambore Kepanduan Dunia pertama digelar pada tahun 1920 di Olympia, London, Inggris. Pada kesempatan tersebut, Baden Powell juga ditunjuk sebagai Pimpinan Pramuka Dunia atau juga dikenal sebagai Bapak Pandu Dunia.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img