Rabu 3 Maret 2021

Pasutri Susah Punya Anak, Ini 10 Penyebabnya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Setelah menikah, Pasangan Suami Istri (Pasutri) tentunya segera memiliki momongan untuk melengkapi keluarga kecil mereka.

Tidak sedikit diantara Pasutri susah mendapatkan keturunan.

pasutri fokusjabar.id
ilutrasi

Baca Juga: Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Bisa Terkena Pidana

Berikut beberapa penyebab Pasutri sulit mendapat keturunan. Diantaranya:

  1. Menoupause Dini

Terjadinya kekurangan atau hilangnya menstruasi ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan terhenti.

Menopause dini dapat disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh perempuan. 

  1. Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)

Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada perempuan. Ketidakseimbangan ini yang akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus datang bulan.

  1. Endometriosis

Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma.

  1. Ovarium jaringan parut

Kerusakan fisik pada ovarium dapat mempengaruhi ovulasi perempuan akibat terjadinya kista ovararium. Operasi konstan yang lebih luas akan mengakibatkan jaringan perut, folikel yang melekat akan mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap.

  1. Adhesi Pelvis

Jaringan perut akibat terjadinya operasi panggul, usus buntu akan mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran tuba dan mengalami perjalanan yang sulit pada telur perempuan.

pasutri fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

  1. Masalah Tiroid

Hipertitodisme kondisi ini dikarenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif. Sementara tiroid hipotorodisme merupakan kondisi dikarenakan tiroid tidak aktif. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada perempuan.

  1. Pengobatan Kanker

Ketika sedang menjalani radioterapi maka pengobatan kanker dapat mengganggu dan mengakibatkan sistem reproduksi pria atau perempuan terganggu. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan pada kesuburan perempuan disebabkan karena efek samping dari radiasi.

  1. Gaya Hidup

Kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan salah satunya ketika anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat.

  1. Usia

Usia akan mempengaruhi kesuburan. Perempuan berusia lebih dari 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur kurang sehat dan lebih rendah sehingga apabila mengalami kehamilan beresiko keguguran yang lebih tinggi. Semoga Bermanfaat !!!

(Bambang Fouristian)

Artikel Lainnya

Pasutri Susah Punya Anak, Ini 10 Penyebabnya 1