spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Minamino Akhiri Rekor 6 Kekalahan Beruntun Southampton

    INGGRIS,FOKUSJabar.id: Gelandang serang asal Jepang, Takumi Minamino menghentikan rekor enam kali kekalahan beruntun Southampton usai menjadi pencetak satu-satunya gol saat menjamu Chelsea pada lanjutan laga Premier League 2020/2021 di St, Mary’s Stadium, Sabtu (20/2/2021) malam WIB. Laga sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1.

    Menjamu Chelsea pada pekan ke-25, Southampton dibayangi dengan enam kekalahan beruntun di Premier League 2020/2021 sejak 17 Januari 2021. Berbeda dengan tim tamu, Chelsea, mereka tiba di St. Mary’s Stadium dengan kepercayaan tinggi usai mencatatkan lima laga tak terkalahkan yang empat diantaranya meraih kemenangan secara beruntun.

    Pelatih Southampton, Ralph Hasenhüttl tidak terlalu banyak melakukan perubahan. Hanya dua perubahan dari starting line up yang dilakukan Hasenhüttl yakni menempatkan Mohammed Salisu dan Moussa Djenepo untuk menggantikan Kyle Walker-Peters dan Stuart Armstrong yang absen karena cedera.

    Bagi Salisu, inilah debut perdananya bermain full di ajang Premier League sebagai center-back kiri dipasangkan dengan Jannik Vestergaard. Sementara Jan Bednarek digeser ke posisi wing-back kanan.

    Sementara Thomas Tuchel yang baru menangani The Blues pada 26 Januari 2021, melakukan setidaknya empat perubahan dari laga sebelumnya kontra Newcastle. Édouard Mendy kembali dipercaya sebagai penjaga gawang menggantikan Kepa Arrizabalaga, lalu N’Golo Kanté, Reece James dan Kurt Zouma masuk sebagai starting line up menggantikan posisi Callum Hudson-Odoi, Andreas Christensen dan Jorginho.

    BACA JUGA: Cegah Kylian Mbappe Hengkang, Menteri Olahraga Prancis Turun Tangan

    fokusjabar.id takumi minamino southampton chelsea
    Takumi Minamino dibayangi pemain Chelsea,Kurt Zoma. (FOTO: premierleague.com)

    Chelsea dengan modal empat rentetan kemenangan, mendominasi penguasaan bola di babak pertama hingga 72,5 persen. Namun hanya tembakan Marcos Alonso di menit keenam yang menjadi peluang terbaik The Blues di sepanjang 45 menit pertama.

    Sebaliknya, tim tuan rumah justru lebih mengandalkan serangan balik cepat melalui dua penyerangnya Danny Ings dan Nathan Redmond yang disokong Minamino di sisi kiri serta Mousa Djenepo di kanan. Taktik yang diterapkan Hasenhüttl pun cukup efektif dan The Saints unggul terlebih dahulu di menit 33.

    Berawal dari sebuah serangan balik, Nathan Redmond memberikan umpan terobosan yang sempurna ke arah Minamino. Pemain timnas Jepang yang dipinjamkan dari Liverpool di awal bulan ini mampu menunjukkan ketenangan yang luar biasa dengan mengelabui César Azpilicueta dan Edouard Mendy melalui tendangan mendatar kaki kanan untuk menggetarkan jala gawang Chelsea. Kedudukan 1-0 pun bertahan hingga jeda laga.

    Pada 45 menit kedua, Chelsea berupaya menjaga rekor tak terkalahkan mereka di lima laga beruntun dengan meningkatkan intensitas serangan. Pasukan Thomas Tuchel pun baru bisa menyamakan kedudukan 1-1 sembilan menit usai jeda melalui penalti Mason Mount setelah Danny Ings ‘tertangkap tangan’ melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

    Southampton hampir kembali memimpin jika saja sundulan Jannik Vestergaard tidak membentur mistar pada menit ke-71. Sementara Chelsea yang terus mendominasi laga, tidak mampu menambah gol hingga laga usai.

    Dengan hasil seri 1-1, Southampton menghentikan rentetan kekalahan di enam laga sebelumnya dan bertahan di urutan 13 dengan 30 poin. Sementara bagi Chelsea, laga imbang tersebut menambah rekor tak terkalahkan di bawah Thomas Tuchel dan tetap berada di urutan keempat dengan 43 poin, satu poin di atas West Ham United yang memainkan satu pertandingan lebih banyak.

    fokusjabar.id takumi minamino southampton chelsea
    Mason Mount mencetak gol penyeimbang bagi Chelsea melalui titik putih saat menghadapi tuan rumah Southampton. (FOTO: premierleague.com)

    BACA JUGA: Mortal Kombat 2021, Joe Taslim Perankan Sub-Zero

    Bagi Hasenhüttl, hasil imbang 1-1 kontra Chelsea menjadi hal yang ‘penting’. Pasalnya, timnya mampu mengakhiri enam kekalahan beruntun di Premier League 2020/2021.

    “Sangat senang (dengan hasil imbang) karena performa negatif yang kami alami selama beberapa minggu terakhir, jadi penting untuk mengambil poin ini. Rasanya menyenangkan dan jelas merupakan hadiah yang pantas untuk kerja keras yang kami lakukan di sini dan bagi kami ini adalah langkah maju yang besar sekarang,” kata Hasenhüttl dilansir dari laman resmi klub, Sabtu (20/2/2021).

    Menyoroti gol yang dicetak Minamino, Hasenhüttl menyebutnya sebagai gol yang indah. Terlepas dari hal itu, sisi pertahanan The Saints pun diakuinya bermain cukup bagus.

    “Itu adalah apa yang kami coba kerjakan selama seminggu dan itu sempurna. Kami memiliki beberapa peluang, meski bukan peluang 100 persen. Sundulan Jannik mungkin yang terbesar dan sedikit kurang beruntung, tapi pada akhirnya itu adalah poin penting bagi kami,” kata dia.

    fokusjabar.id takumi minamino southampton chelsea
    Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel dan Pelatih Southampton, Ralph Hasenhüttl. (FOTO: premierleague.com)

    Sementara itu, Thomas Tuchel cukup puas dengan penampilan anak asuhnya meski tertinggal lebih dulu dari Southampton melalui gol indah Takumi Minamino di menit ke-33. Memaksimalkan peluang menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus dilakukan Tuchel.

    “Kami banyak menciptakan peluang yang tidak menjadi gol. Kami membuka banyak ruang untuk penyerang, namun pengambilan keputusan dan determinasi serta waktu tidak cukup baik untuk menciptakan lebih banyak gol sehingga kami membutuhkan penalti untuk mencetak gol,” kata Tuchel dilansir laman resmi klub.

    Pada babak kedua, Tuchel mengaku jika pemainnya memiliki lebih banyak kesempatan di kotak penalti. Namun saat peluang mencetak gol ada, para pemainnya kurang maksimal dalam hal penyelesaian akhir.

    “Kami kurang ketenangan sehingga tidak bisa memenangkan pertandingan yang menentukan,” kata dia.

    Southampton (4-4-2)
    Pemain : Alex McCarthy (GK); Ryan Bertrand, Jannik Vestergaard, Mohammed Salisu, Jan Bednarek; Oriol Romeu, James Ward-Prowse, Moussa Djenepo, Takumi Minamino (Nathan Tella 76′); Danny Ings (Che Adams 85′), Nathan Redmond (Daniel N’Lundulu 90+4′).
    Pelatih : Ralph Hasenhüttl

    Chelsea (3-4-2-1)
    Pemain : Édouard Mendy (GK); Antonio Rüdiger, Kurt Zouma, César Azpilicueta; Marcos Alonso, N’Golo Kanté, Mateo Kovacic (Jorginho 76′), Reece James; Tammy Abraham (Callum Hudson-Odoi 45′, Hakim Ziyech 76′), Timo Werner, Mason Mount.
    Pelatih : Thomas Tuchel

    Statistik Laga
    Penguasaan Bola : Southampton 29.2% – 70.8% Chelsea
    Tembakan on Target : Southampton 1 – 3 Chelsea
    Total Tembakan : Southampton 4 – 9 Chelsea
    Tekel : Southampton 17 – 23 Chelsea
    Clearances : Southampton 19 – 7 Chelsea
    Corners : Southampton 3 – 6 Chelsea
    Offsides : Southampton 0 – 4 Chelsea
    Kartu Kuning : Southampton 1 – 1 Chelsea
    Pelanggaran : Southampton 10 – 10 Chelsea

    Hasil laga lain di pekan ke-25 Premier League 2020/2021 pada Sabtu (20/2/2021)
    Wolves 1-0 Leeds United, Molineux Stadium, Wolverhampton
    Burnley 0-0 West Brom, Turf Moor, Burnley

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img