Minggu 21 Februari 2021

Gelombang 12 Kartu Prakerja Belum Dibuka, Buat Akun Saja Dulu

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengelola program kartu Prakerja belum memberikan jadwal pasti pendaftaran Gelombang 12. Namun, masyarakat sudah bisa membuat akun mulai hari ini, Minggu (21/2/2021).

Melalui akun resmi media sosial Instagram, @prakerja.go.id, pengelola mengumumkan pembukaan pendaftaran akun di situs resmi, www.prakerja.go.id, Minggu (21/2/2021).

Sobat Prakerja, situs Kartu Prakerja sudah terbuka untuk Sobat yang belum memiliki akun dan ingin membuat akun. Dengan membuat akun, nantinya Sobat hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang. Kunjungi situs resmi kami di www.prakerja.go.id untuk membuat akun Kartu Prakerja sekarang juga. Jangan lupa pantau terus info mengenai pembukaan gelombang di akun Instagram Kartu Prakerja yaa Sobat! #SiapDariSekarang,” tulis akun @prakerja.go.id.

Pembukaan pendaftaran akun merupakan persiapan pelaksanaan program Kartu Prakerja gelombang 12 yang kemungkinan besar akan segera dibuka pendaftraanya. Postingan pengumuman pendaftaran akun tersebut pun mendapat respon yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Jalur KA Pangandaran Kembali Diaktifkan Kota Banjar tak Mau jadi Penonton

fokusjabar.id kartu prakerja
Tangkap layar postingan Instagram @prakerja.go.id. (FOTO: Istimewa)

Dalam waktu empat jam, postingan tersebut sudah mendapatkan 76 ribu lebih likes. Selain itu, 5 ribu lebih warganet menulis di kolom komentar terkait cara pendaftaran akun maupun terkait pembukaan gelombang 12.

Udah daftar min. Tapi gelombangnya blm dibuka ya min. Ga keluar di pilihan daftar gelombang,” tulis pemilik akun @rinjanikayana.

Yang sudah pernah daftar is apakah bisa gabung kembali,” tanya pemilik akun @pasekvannezza.

Kapan gel 12 dibuka min,” tanya akun @esykim_yorika

Min tolong sekali lebih selektif lagi banyak anak kuliahan yang dapat sedangkan lulusan SMA yang benar-benar butuh untuk buka usaha malah terabaikan,” saran pemilik akun @mutia_pangesturi.

Lalu kapan pendaftaran gelombang 12 sendiri diumumkan dan dibuka secara resmi? Dikutip dari kompas.com, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan jika pembukaan proses seleksi gelombang 12 akan diumumkan pihak manajemen di kemudian hari.

“Pembukaan proses seleksi gelombang 12 akan kami umumkan kemudian,” kata Louisa, Minggu (21/2/2021).

Untuk saat ini, lanjut Louisa, laman website www.prakerja.go.id baru bisa menerima pembuatan akun bagi mereka yang berminat mengikuti program Kartu Prakerja 2021 mulai Minggu (21/2/2021).

“Bagi mereka yang sudah memiliki akun di tahun 2020 tetapi belum lolos seleksi bisa melakukan pembaharuan akun andaikata ada data yang berubah,” kata Louisa.

BACA JUGA: Ayah Nissa Sabyan Sanggah Tudingan Perselingkuhan Anaknya dengan Ayus

fokusjabar.id kartu prakerja
Daftar program prakerja melalui situs resmi. (FOTO: WEB)

Berikut cara mendaftarkan akun Kartu Prakerja
1. Masuk ke situs www.prakerja.go.id lalu klik ‘Daftar’
2. Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru
3. Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail
4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja

Setelah memiliki akun, pemilik akun masih diharuskan untuk melengkapi data diri. Caranya yakni:
1. Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat
2. Masukkan nomor KTP, Nomor Kartu Keluarga dan tanggal lahir, lalu klik ‘Lanjutkan’
3 Isi data diri yang dibutuhkan lalu klik ‘Lanjutkan’
4. Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim.

Setelah data diri lengkap, akan ada tes awal berupa tes motivasi dan kemampuan dasar.

Untuk diketahui situs Prakerja yang resmi hanya di www.prakerja.go.id. Melalui laman Instagramnya, manajemen pengelola telah memperingatkan agar masyarakat berhati-hati saat mendapat info pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja.

Untuk menghindari penipuan, masyarakat harus memastikan jika situs prakerja yang diakses adalah www.prakerja.go.id dan bukan yang lain.

“Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab,” tulis Prakerja melalui unggahan di laman instagramnya.

Anggaran Naik
Pada tahun 2021 sendiri, pemerintah telah menaikkan anggaran untuk Program Kartu Prakerja menjadi Rp20 trilyun atau naik dua kali lipat. Sebelumnya, anggaran awal pada APBN 2021 sebesar Rp 10 trilyun.

Dengan demikian, nilai anggaran program Kartu Prakerja tahun ini sama seperti pada tahun 2020 lalu. “Bapak Presiden memutuskan, program Prakerja dinaikkan dua kali lipat. Tadinya Rp10 trilyun tahun ini supaya disamakan dengan tahun lalu menjadi Rp20 trilyun, jadi kita tambahkan Rp10 trilyun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (27/1/2021) lalu.

Peningkatan anggaran untuk program Kartu Prakerja bersumber dari realokasi dan refocusing anggaran di setiap Kementerian/Lembaga. Secara keseluruhan, anggaran perlindungan sosial pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pun meningkat Rp36,6 trilyun.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Gelombang 12 Kartu Prakerja Belum Dibuka, Buat Akun Saja Dulu 1