spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Selain Cupang, 9 Ikan Hias Air Tawar Ini Mudah Dipelihara dan Bernilai Tinggi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pada masa pandemi Covid-19, memelihara ikah hias terutama ikan hias air tawar menjadi salah satu kegiatan yang digandrungi masyarakat Indonesia. Selain ikan cupang, beberapa ikan hias jenis lain mulai banyak dipelihara bahkan dikembangbiakan masyarakat Indonesia.

    Beberapa penilitian menunjukkan jika memiliki hewan peliharaan dapat mereduksi stres yang merupakan respons tubuh terhadap tantangan dan keinginan. Tidak hanya meringankan, tapi diyakini bisa mengatasi stres.

    Salah satunya yakni dengan memelihara ikan hias. Dengan bentuk unik dan warna yang beragam, ikan hias menjadi enak dipandang, mempercantik rumah, atau bahkan membawa ketenangan saat memandangnya. Tidak menutup kemungkinan dapat mengubah mood ke arah yang lebih baik.

    Dari sisi pemeliharaan, ikan hias air tawar cenderung lebih mudah dipelihara di banding air laut. Mulai dari yang berukuran kecil seperti ikan cupang hingga berukuran besar seperti arwana, relatif tidak membutuhkan perawatan rumit.

    BACA JUGA: Tesla Bangun Pabrik EV di India, Negosiasi dengan Indonesia Batal?

    fokusjabar.id ikan hias air tawar
    Ikan hias yang siap diekspor. Indonesia masuk sebagai 5 besar eksportir ikan hiasa dunia. (FOTO: Ilustrasi/WEB)

    Dari sisi potensi ekonomi, secara global perdagangan komoditas ikan hias air tawar jauh lebih besar dibanding ikan hias air laut yakni mencapai 85 persen. Ini terjadi karena ikan hias air tawar sebagian besar bisa dibudidayakan, sementara ikan hias air laut lebih banyak dari hasil tangkapan. Mungkin juga karena harganya yang relatif lebih murah dibanding ikan hias air laut.

    Pada beberapa dasawarsa kebelakang, Indonesia hanya mengekspor ikan hias ke Singapura. Dari negeri Singa ini, ikan tersebut diekspor lagi ke berbagai negara.

    Namun saat ini, ekspor ikan hias Indonesia sudah menembus 60 negara dengan nilai lebih dari 50 juta dolar AS dan mengalami peningkatan sekitar 9 persen per tahunnya. Indonesia pun selalu masuk sebagai lima besar eksportir ikan hias dunia.

    Dari sisi keragaman, ada lebih dari 300 jenis ikan hias air tawar maupun laut yang menjadi andalan ekspor. Biasanya ikan hias yang layak ekspor diseleksi berdasarkan enam kriteria yakni ukuran, jenis ikan, keseragaman, keunikan bentuk dan warna, bebas penyakit dan daya adaptasi terhadap lingkungan.

    Lantas, ragam ikan hias air tawar apa yang bisa dipelihara atau bahkan dibudidayakan sehingga bernilai ekonomis selain ikan cupang? Berikut beberapa jenis ikan hias air tawar yang dirangkum FOKUSJabar dari berbagai sumber.

    Berita Terbaru

    spot_img