spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Perkuat Partai, Mantan Kader Demokrat Bersatu di KNPD

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Langkah politik Partai Demokrat (PD) di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (Iabar) ke depan bakal semakin tegar menjelang hajat demokrasi tahun 2024 mendatang.

    Hal itu sejalan dengan kehadiran Komite Nasional Pemuda Demokrat (KNPD) di Kabupaten Tasikmalaya yang dibentuk DPP KNPD belum lama ini.

    “Hari ini, kami pengurus DPC KNPD mendatangi kantor DPC Partai Demokrat. Anggap saja ini ajang silaturahmi anak ke bapak karena KNPD adalah Organisasi Sayap (Orsap) partai. Selain itu kami ingin mengenalkan diri jika KNPD hadir di Kabupaten Tasikmalaya dengan wajah-wajah pengurusnya yang tentu tidak asing bagi keluarga DPC karena kami adalah eks kader PD yang balik kandang,” kata Ketua DPC KNPD Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Kurniawan, Kamis (18/2/2021).

    Iwan menyebutkan, secara historis dirinya merupakan mantan anggota Fraksi PD DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2014-2019 yang kemudian pindah dan ditunjuk sebagai Ketua Partai Berkarya.

    BACA JUGA: 2 Ribu Santri Ponpes Benda Tasikmalaya Segera Diswab Covid-19

    “Saya sendiri kader PD sejak awal berdiri di Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian karena berbagai alasan dan pertimbangan, saya memutuskan keluar PD dan memimipin partai lain. Kini saya balik kandang bersama rekan-rekan lainnya dan ditunjuk oleh DPP KNPD untuk memimpin DPC KNPD,” ungkap Iwan sembari menyebutkan jika dirinya telah resmi mengundurkan diri dari Partai Berkarya dan tengah menunggu turunnya kartu tanda anggota (KTA) Partai Demokrat yang sedang diproses DPP.

    Selain membawa misi untuk membesarkan partai sesuai mekanisme yang ada, KNPD juga hadir untuk memperkuat dukungan terhadap kepemimpinan Ketua Umum PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan menolak Kongres Luar Biasa (KLB) yang ditujukan untuk mengambil alih kepemimpinan yang sah.

    “Sesuai instruksi Ketua DPP KNPD, kami sebagai kader sekaligus pengurus orsap partai, akan terus mengawal dan mendampingin Demokrat yang solid dan loyal mendukung kepemimpinan AHY,” tegas Iwan.

    Ketua DPC PD Kabupaten Tasikmalaya, Ferry William mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang telah dilakukan pengurus DPC KNPD yang secara organisatoris sowan ke DPC PD untuk mengenalkan dan menginformasikan langkah-langkah atau strategi dalam membesarkan PD di Kabupaten Tasikmalaya ke depan.

    Sebagaimana orsap lainnya seperti, Barisan Muda Indonesia (BMI), Insan Muda Demokrat (IMDI) dan orsap-orsap lainya, KNPD sebagai underbow partai tentunya telah memiliki konsep tersendiri terkait bagaimana mengembangkan partai secara mandiri.

    “Orsap-orsap itu pada prinsipnya adalah gerakan di luar partai tetapi bertujuan untuk membackup dan berjuang dengan dirinya sendiri demi membesarkan partai. Tentu saja kehadiran orsap sangat membantu jika jaringan dan kaderisasinya jelas dan tidak tumpang tindih dengan kader partai yang telah memiliki jaringan serta kaderisasi yang jelas dan kuat,” tutur Ferry.

    Dalam konteks pemilu 2024 lanjut dia, pihaknya akan melihat bagaimana dampak manfaat kehadiran KNPD bagi PD di Kabupaten Tasikmalaya.

    “Yang jelas pada Pileg lalu kita mengalami penurunan raihan kursi di DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari 6 menjadi 5. Pileg nanti minimal di tujuh daerah pemilihan (dapil) kita menang masing-masing satu kursi. Targetnya lagi kita bisa menempati kursi pimpinan DPRD,” ujarnya.

    (Farhan/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img