spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Uni Emirat Arab Lantik Dubes Pertama untuk Israel

    DUBAI,FOKUSJabar.id: Uni Emirat Arab (UEA) resmi melantik duta besar pertamanya untuk Israel, Mohammed Mahmoud Al-Khaja, Minggu (14/2/2021) waktu setempat.

    Melansir CNN, Penguasa Dubai sekaligus Wakil Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum melantik Mohammed Mahmoud Al-Khaja di Dubai.

    BACA JUGA: WHO Ungkap Fakta Terbaru Asal Mula Virus Corona di Cina

    UEA menyalakan lampu hijau untuk membuka perwakilan diplomat pertamanya di Israel pada bulan lalu.

    Sementara, Israel telah lebih dulu membuka kedutaannya di Abu Dhabi pada Januari. Namun kedubes Israel di ibu kota UEA itu masih berada di lokasi sementara sebelum mendapatkan tempat yang tetap.

    UEA dan Israel resmi melakukan normalisasi hubungan pada Agustus 2020.

    Uni Emirat Arab bersama Bahrain melakukan normalisasi hubungan dengan Israel tahun lalu dalam kesepakatan ‘Abraham Accords’.

    Perjanjian itu yang difasilitasi Amerika Serikat itu dinilai merusak konsensus negara Arab yang menegaskan tak boleh ada normalisasi hubungan dengan Israel hingga terciptanya kesepakatan damai dengan Palestina.

    Normalisasi hubungan dengan Israel adalah agenda politik luar negeri mantan presiden AS Donald Trump untuk memperkuat posisi sekutunya itu di Timur Tengah, di tengah ancaman dari musuh bebuyutan mereka, Iran.

    (Agung)

     

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img